Produk Anda yang sebenarnya adalah keseluruhan manfaat yang diperoleh klien saat bekerja dengan Anda.

Misalnya, jika Anda seorang pengacara, klien Anda tidak membeli layanan hukum Anda. Mereka membeli ketenangan pikiran mengenai masalah hukum yang luar biasa. Mereka membayar untuk hasilnya.

Hal yang sama juga berlaku bagi seorang konsultan atau trainer, klien Anda tidak membayar Anda untuk melatih mereka, tetapi karena mereka ingin mendapatkan bisnis yang lebih besar. Dan inilah rahasia  sederhana untuk mendapatkan lebih banyak klien. Mengenali perbedaan antara layanan Anda dan hasil Anda, kemudian pasarkanlah hasil Anda. Biarkan orang-orang mengetahui apa yang bisa Anda hasilkan, bukan bagaimana Anda akan melakukannya.

Bagaimana cara menerapkan ini di lapangan?
Untuk menarik lebih banyak klien dan mendapatkan lebih banyak bisnis, Anda perlu menyebutkan produk aktual Anda di situs web, selama presentasi, dan di media sosial. Anda perlu berbicara dengan klien potensial Anda dalam bahasa yang mereka pahami (mengenai masalah mereka). Penulis Networking Like a Pro (Entrepreneur Press 2017), Ivan Misner, salah satu orang terbaik dalam hal ini. Misner mendirikan BNI, jaringan referal, yang memiliki cabang di seluruh dunia. Apa yang sebenarnya dibeli oleh orang-orang yang menghabiskan banyak waktu dan uang di BNI? Ini bukanlah peluang jaringan, atau lebih banyak referensi atau bahkan lebih banyak bisnis.

Mereka membayar untuk bisnis yang lebih konsisten melalui kata dari mulut ke mulut, word-of-mouth (WOM). Jika Anda seorang pengusaha yang ingin bisnis Anda menjadi rujukan yang konsisten melalui pemasaran WOM, maka Anda perlu :

  1. Wadah untuk mempertemukan individu-individu yang memiliki pemikiran yang sama
  2. Struktur untuk mengarahkan orang-orang tersebut ke arah yang benar
  3. Proses dan mekanisme pendukung untuk mewujudkannya.

Langkah-langkah di atas dapat membantu Anda mendapatkan bisnis yang konsisten. Aplikasi sederhananya, misalnya, jika Anda sedang bekerja untuk BNI dan ingin mendapat lebih banyak anggota, maka Anda harus mengalokasikan lebih banyak waktu untuk berbicara tentang hasil Anda. Anda harus membicarakannya selama presentasi dan juga mengunggahnya di situs web. Ceritakan di setiap pertemuan dan perbaharui profil media sosial Anda dengan konten yang mencerminkan fakta tersebut.

Orang-orang umumnya terperangkap dalam detail tentang bagaimana cara mereka memberikan layanan sesuai dengan produk yang mereka miliki, sementara klien memiliki perspektif lain. Klien Anda tidak peduli tentang metode Anda, mereka peduli pada hasil yang akan Anda berikan. Oleh karena itu, selalu ingat bahwa Anda ingin fokus pada masalah yang Anda pecahkan. Masukkan hal ini ke dalam semua aktivitas pemasaran baik itu situs web Anda, media sosial Anda, dan presentasi penjualan Anda ketika membicarakan prospek.

sumber: entrepreneur.com