Pada titik tertentu, Anda hanya perlu mempercayai diri Anda sendiri – Susan Lyne, founding partner of the venture capital firm BBG.

Pada tahun 1986, Susan Lyne adalah seorang jurnalis yang baru saja meluncurkan majalah film baru, Premiere. Pendirinya adalah John Evans, mantan penerbit Village Voice yang dia temui saat dia bekerja disana.  Meskipun Lyne sudah pernah menjalani peran kepemimpinan, dia tidak pernah berada di posisi paling atas. Dan ini menjadi satu tantangan serta masalah baru baginya.  

Dalam wawancaranya dengan Business Insider, dia mengatakan “Saya tidak benar-benar memikirkannya sebagai perubahan besar sampai saya memahaminya, dan saya menyadari bahwa saya terus menerus mencari seseorang sehingga saya dapat menunjukkan apa yang saya lakukan – karena saya masih menginginkan persetujuan. Saya masih ingin seseorang mengatakan, ‘Ya, ini bagus. Lanjutkan.”

Lyne memiliki perjalanan karir yang mengesankan mulai dari menjadi jajaran petinggi di ABC, memimpin media imperium Martha Stewart, dan menjabat sebagai CEO Gilt Groupe. Hari ini dia adalah partner pendiri perusahaan pendanaan ventura BBG. Apa rahasia kesuksesan karirnya?

Lyne mengaku bahwa titik balik terbesar dalam karirnya adalah belajar bagaimana menjadi pemimpin saat berada di majalah Premier, akhir 1980-an. Pelajaran yang dia pelajari berlaku bagi siapa saja yang diberi tanggung jawab untuk membuat keputusan besar, terlepas dari apakah mereka seorang eksekutif atau tidak.

“Ini membuat saya benar-benar ingin mengatakan, tahun pertama benar-benar merasa nyaman dengan gagasan bahwa saya adalah orang terakhir,” kata Lyne. Dia menjelaskan bahwa dia mencoba membuat Evans menjadi orang terakhir yang meyakinkannya. “Saya mengiriminya cerita dan dia akan mengabaikannya. Akhirnya saya mengiriminya surat editor saya, dan dia memanggil saya dan dia berkata, ‘Susan, jangan pernah mengirimi saya tulisan. Ini majalahmu. Ini milikmu dan Anda harus merasa memilikinya.  

Ini membuatnya berfikir bahwa orang lain yang tidak memiliki akses terhadap informasi yang lebih baik dan bahkan yang memiliki akses informasi lebih lanjut mengenai pengambilan keputusan sekalipun tidak akan menghasilkan hasil yang lebih baik. Pada titik tertentu, Anda perlu mempercayai diri sendiri.

Meskipun saran Evans terdengar begitu sulit, tapi ini merupakan hal yang sangat berguna dan menjadi titik balik bagi Lyne. Ya, dalam bekerja terkadang kita dihadapkan pada situasi yang membingungkan. Di satu sisi, kita ingin mendapat persetujuan dari atasan sebelum lanjut ke pekerjaan baru. Tapi di sisi lain, atasan Anda ingin melihat sejauh mana keberanian Anda melangkah dan mengambil keputusan. Saran kami,  Anda harus memahami apa pekerjaan yang harus Anda selesaikan dan apa yang harus Anda eskalasikan baik kepada team maupun atasan. Dengan demikian, produktivitas Anda akan meningkat karena tidak ada lagi kebingungan dalam melangkah.