Setiap bisnis dapat mengambil manfaat dari transformasi, salah satunya adalah untuk mengarahkan bisnis agar sesuai dengan tujuan strategi baru yang baru saja dibuat. Ketika pasar bergerak, mau tidak mau kita sebagai pelaku bisnis harus segera bertindak, membangun strategi baru untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan pasar, atau bisa juga dengan melihat kompetitor lain melakukannya. Selanjutnya, perusahaan harus memiliki langkah pasti untuk mengubah bisnis sesuai dengan kebutuhan.

Dalam banyak kasus hari ini, penyebaran virus corona atau Covid-19 yang telah resmi menjadi pandemi global juga menentukan kebutuhan organisasi untuk menciptakan tujuan baru. Dan hampir semua industri harus menyesuaikan diri dengan dunia baru akibat virus corona. Meskipun sifatnya mendesak, namun yang perlu diperhatikan adalah ketika perusahaan mulai memperkenalkan sistem baru, gesekan bisa terjadi di area manapun. Untuk itu, perusahaan harus lebih dulu membuat jelas strategi transformasi yang akan dijalankan seperti apa sebelum mulai disosialisasikan ke karyawan.

Transformasi proses bisnis juga memungkinkan bisnis untuk terus mencari cara mencapai hasil yang lebih baik melalui sejumlah inovasi. Saat ini sebagian besar korporasi menjadikan inovasi sebagai core perusahaan. Kenapa inovasi menjadi sangat penting? Mari kita sedikit menengok ke belakang, beberapa dekade lalu orang harus menggunakan mesin ketik dan mencetak dokumen namun sekarang semua bisa dilakukan secara online, artinya kita saat ini sedang hidup di era yang serba cepat, dan kecepatan inovasi menentukan masa depan organisasi.

Transformasi adalah Strategi

Sangat mudah bagi perusahaan dengan sistem tertinggal untuk terdisrupsi dari pasar, sebab laju kerja yang lambat akan berpengaruh langsung terhadap nilai kompetitif. Untuk itu sangat disarankan bagi perusahaan segera melakukan transformasi yang dapat memotong biaya di masa depan dengan melakukan sejumlah pembaharuan, utamanya di area yang dapat meningkatkan produktivitas dan output. Mendengarkan masukan dari karyawan dan apa saja yang menurut mereka sebagai prioritas akan membuat karyawan lebih termotivasi untuk melakukan perubahan. Ingat, memangkas biaya tidak akan menjadi strategi yang berhasil tanpa adanya dukungan dari tim, dengan kata lain kecil kemungkinan perusahaan akan mencapai sukses yang ideal.

Baca juga  Peran Black Belt Semakin Dibutuhkan di Situasi Pandemi

Transformasi bukan hanya sekedar kata kunci ketika menghadapi segala ketidakpastian global. Transformasi adalah strategi yang harus dipilih oleh semua pemimpin bisnis. Mengapa? Karena ini adalah upaya yang bisa membantu bisnis untuk mengidentifikasi apa saja yang perlu diubah menggunakan strategi yang terfokus. Mungkin menakutkan ya excellent people jika membayangkan bagaimana kita harus memulai dari awal lagi setelah nyaman menggunakan sistem yang diterapkan bertahun-tahun, tetapi jika kita tidak melakukannya itu akan jauh lebih mengerikan lagi ya excellent people. Kita berisiko ketinggalan jaman sementara pesaing kita tidak pernah berhenti melakukan transformasi dan perbaikan secara konsisten.

Mulai Transformasi Anda dengan SHIFT Indonesia

Memiliki rencana transformasi proses bisnis yang efektif akan membantu perusahaan bergerak mengikuti kurva dengan tren yang positif, ini akan mendorong perusahaan mendapatkan budaya yang lebih baik dimana pemimpin, karyawan dan strategi mampu bersinergi.

Untuk itu adalah penting bagi perusahaan memikirkan transformasi sebagai strategi yang dinamis dan terus berkembang di organisasi. Excellent people tidak bisa hanya bertumpu pada satu rencana, menjalankannya, kemudian menjadikannya tumpuan. Selalu tantang diri

Anda dan team Anda untuk terus melakukan upaya peningkatan baik itu dalam hal peningkatan personal maupun organisasi. Salah satu kunci keberhasilannya adalah excellent people jangan pernah takut untuk mencoba sesuatu yang baru dan perubahan. Dan kabar baiknya, ada SHIFT Indonesia yang hadir setiap hari di shiftindonesia.com untuk memberikan inspirasi dan insight menarik seputar dunia transformasi dan operational excellence untuk menemani Anda.

Selain itu SHIFT Indonesia juga menghadirkan platform khusus bernama OPEXCON Project Competition untuk memberikan wadah khusus untuk Anda para pelaku dan pegiat improvement. Kompetisi ini juga menjadi sarana bagi SHIFT Indonesia untuk  memberikan edukasi dan menekankan pentingnya perbaikan proses bisnis (business process improvement) untuk meningkatkan kualitas serta daya saing perusahaan-perusahaan Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan bisnis, khususnya ancaman krisis Covid-19.

Baca juga  Inilah Kunci Rahasia Kesuksesan Samsung

OPEXCON Project Competition 2020

Kompetisi OPEXCON juga telah diakui oleh banyak industri sebagai kompetisi perbaikan proses dan inovasi paling bergengsi di Indonesia. Terbukti kompetisi ini setiap tahunnya selalu diikuti oleh lebih dari seratus peserta pendaftar. Tahun ini, di tahun kesembilan penyelenggaraan OPEXCON akan diadakan secara Online guna menjaga keamanan dan keselamatan peserta dari Covid-19. Riyantono Anwar, OPEXCON Steering Committee, pun menegaskan bahwa meskipun event dilakukan secara Online, SHIFT Indonesia selaku penyelenggara berkomitmen untuk memberikan kualitas event terbaik dan juga terus meningkatkan value added atau nilai tambah kepada para peserta. Salah satunya yaitu melalui workshop yang dipersiapkan khusus untuk para peserta.

“Tahun ini, kami memfasilitasi free workshop untuk semua peserta OPEXCON Project Competition. Workshop ini tentu sangat penting diikuti, karena para peserta akan memiliki kesempatan untuk belajar dan mempertajam metodologi improvement dan juga mendapatkan best practice langsung dari Praktisi SSCX International, lembaga pelatihan dan project implementasi operational excellence terbaik di Indonesia tentang bagaimana menjalankan improvement yang sukses sehingga mereka memiliki senjata atau bekal untuk melakukan sejumlah perbaikan yang diperlukan di masa mendatang,” ungkap Riyan.

Lebih lengkap tentang apa itu OPEXCON Project Competition bisa dilihat disini.

So, excellent people jangan ragu lagi, mulai perjalanan transformasi Anda sekarang juga dan optimis bahwa perusahaan Anda akan menjadi pemimpin melalui transformasi bisnis. Jika excellent people tertarik untuk mengikuti OPEXCON Project Competition 2020, bisa menghubungi tim SHIFT Indonesia melalui email info@shiftindonesia.com atau WA/Phone di +6287857630200 (Dewi). Salam improvement!