Kekuatan tim Anda adalah refleksi seberapa kuat komunikasi tim internal Anda. Saat Anda membuat kebijakan dan praktek komunikasi yang tidak strategis, tentu besar pengaruhnya terhadap kinerja tim. Namun jangan sampai hal ini justru membuat Anda ragu untuk menciptakan perbaikan. Berikut 10 cara untuk meningkatkan komunikasi di tim internal Anda:

1. Analisis Metode Anda Saat Ini
Ketahuilah apa yang menjadi kekuatan tim Anda? Anda bisa meningkatkannya jika Anda dapat mengidentifikasi masalah dan memperbaiki metodenya. Buat daftar pedoman yang saat ini digunakan untuk komunikasi internal dan identifikasi mana yang paling banyak digunakan.

2. Lihat Susunan Struktur Kantor
Pertimbangkan apa yang karyawan harus kesampingkan dari departemen mereka dan melakukan kolaborasi dengan departemen lain dan apa yang karyawan harus lakukan untuk mengurangi gangguan.

3. Bangun Platform yang Mudah Digunakan
Untuk berkomunikasi secara efektif, penting untuk memiliki platform yang efisien, mudah diakses dan digunakan oleh tim Anda. Saat tim Anda pergi, chatting dapat menjadi cara yang praktis untuk berkomunikasi, di mana mereka selalu siap dengan perangkat di tangan. Untuk itulah, HR strategi komunikasi harus mempertimbangkan platform yang tepat untuk tim Anda.

4. Bantuan Dukungan Teknologi Mobile
Jika ingin karyawan mudah berkomunikasi secara mobile, ada baiknya Anda berinvestasi untuk membantu mereka tetap mendapatkan akses. Banyak perusahaan sekarang membantu rencana pembelian ponsel atau membantu mendapatkan diskon untuk rencana pembelian. Jika Anda bersedia membantu, maka karyawan Anda akan lebih siap dan tidak ada gangguan dalam berkomunikasi melalui perangkat mobile.

5. Mendorong Karyawan Lebih Berbaur
Karyawan akan mendapatkan ide-ide dan membentuk hubungan yang lebih dalam jika mereka saling terhubung di tempat kerja. Pertimbangkan untuk menambahkan meja biliar atau tempat rekreasi untuk mendorong mereka berbaur bila ada waktu untuk istirahat.

Baca juga  3 Jenis Nilai dalam Analisis Proses Bisnis

6. Gunakan Customer Relationship Management (CRM)
Anda tidak ingin kehilangan pelanggan karena kegagalan komunikasi internal. Customer Relationship Management (CRM) adalah program yang dapat digunakan untuk melihat bagaimana komunikasi internal terjalin dan kemudian memberitahu Anda kebijakan organisasi apa yang lebih baik untuk maju. Bagaimana Anda memperbaiki sesuatu jika Anda tidak tahu di mana letak kesalahannya.

7. Menjaga Fokus Tim
Anda bisa menggunakan newsletter rutin melalui email untuk menjaga tim Anda terfokus dan bersemangat. Anda bahkan dapat menyertakan ucapan selamat ulang tahun dan hal lain yang tidak berkaitan dengan pekerjaan untuk meningkatkan semangat bekerja dan lebih terlibat dengan karyawan.

8. Menyediakan Kotak Suara
Harus ada cara bagi karyawan Anda untuk memberikan umpan balik tentang perusahaan Anda, kepemimpinan, atau kebijakan. Jika karyawan Anda merasa tidak didengarkan, mereka hanya akan mengabaikan masalah yang Anda bahkan mungkin tidak menyadari.

9. Buat Pertemuan
Buat agenda pertemuan secara teratur dengan karyawan Anda dan buat mereka memahami status pekerjaan mereka, proyek, tim atau organisasi Anda secara keseluruhan. Anda akan meningkatkan komunikasi ketika tim Anda merasa seolah-olah ia sedang mendengar.

10. Jaga Informasi dan Dokumen Internal
Gunakan teknologi cloud untuk menyimpan dokumen yang penting untuk aksesibilitas karyawan. Dorong tim Anda untuk menjaga hal-hal dapat berguna untuk anggota lain dari organisasi Anda.

[cpm_adm id=”12044″ show_desc=”no” size=”medium” align=”none”]