Tahun 2020 adalah tahun yang sangat meresahkan bagi individu dan organisasi. Virus corona memicu transformasi luar biasa. Bekerja dari rumah (work from home) yang sebelumnya hanya wishlist terjadi begitu saja tanpa rencana, PHK dan penutupan bisnis juga menjadi kondisi sulit yang harus ditelan. Karena perubahan yang berlangsung cepat ini maka tidak sedikit yang mengalami stress sehingga produktivitas menurun.

Sebagai seorang pemimpin tim, tentu Anda harus mendorong karyawan atau anggota tim Anda untuk kembali bekerja secara optimal di masa pandemi yang sangat transformasional ini. Kebutuhan individu dan organisasi tentu berubah, dengan merelevankan kebutuhan ini maka bisnis akan mampu sustain.

Berikut adalah tiga strategi yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan semangat karyawan di perusahaan untuk tetap produktif dan fokus di masa pandemi Covid-19:

1. Prioritaskan Masalah Kesehatan

Kesehatan adalah hal utama yang harus diprioritaskan saat ini. Dukunglah kesehatan karyawan Anda baik itu kesehatan tubuh maupun mental. Patrick Porter, pakar ilmu saraf kepada Business News Daily mengatakan saat karyawan merasa kebutuhan mereka terpenuhi dan bahwa atasan mereka memahaminya, karyawan akan merasa lebih berkomitmen terhadap perusahaan dan lebih positif serta fokus pada pekerjaan mereka

2. Bangun Komunikasi yang Terbuka

Komunikasi adalah elemen kunci karyawan bekerja secara produktif dengan semangat kerja yang tinggi. Pandemi mengakibatkan pertemuan langsung berkurang dan beralih ke virtual, pastikan komunikasi Anda dan tim berjalan baik dan berikan feedback secara cepat dan cermat sehingga tim merasa dipahami.

3. Apresiasi Hal Sekecil Apapun

Setiap karyawan telah menghadapi masa sulit baik sebagai individu maupun sebagai bagian dari organisasi dalam waktu satu tahun terakhir ini. Penting bagi setiap pemimpin untuk memberikan apresiasi setiap pencapaian mereka. Hal ini akan membantu meningkatkan moral karyawan. Ingat keberhasilan bisnis adalah upaya semua karyawan, beritahu karyawan Anda bahwa mereka semua adalah bagian penting dari keberhasilan itu. Ingatkan peran penting mereka dalam membantu perusahaan mencapai tujuan. Pengakuan yang Anda berikan dapat berfungsi sebagai motivasi untuk tetap produktif dan terlibat.

Baca juga  4 Aspek Penilaian Kelayakan Bisnis Startup

Yes, Anda dapat mendorong karyawan Anda menjadi lebih produktif dan fokus dengan memprioritaskan kesehatan, komunikasi, dan apresiasi.