Apakah Anda ingin menciptakan program penghargaan yang tidak hanya sukses, tetapi juga menginspirasi dan memotivasi karyawan? Untuk meraih tujuan tersebut,ada tiga pilar utama yang harus menjadi fondasi dalam membangun program penghargaan yang luar biasa. Apa saja tiga pilar tersebut? Langsung saja kita simak ulasan yang disarikan SHIFT Indonesia dari Industryweek berikut ini.

1. Perencanaan yang Baik

Sebelum memulai program penghargaan, pertama-tama pertimbangkanlah dengan cermat apa perilaku yang ingin diakui dan dihargai oleh manajemen. Apa manfaat dari memberikan pengakuan ini? Lebih jauh lagi, pikirkan pula potensi risiko yang mungkin muncul atau reaksi negatif yang bisa terjadi akibat program ini. Penting untuk memastikan bahwa program ini akan dianggap adil oleh semua karyawan di perusahaan.

Pertimbangkan juga bagaimana cara pengakuan atau penghargaan akan disampaikan, dan frekuensi pemberiannya. Siapa yang akan bertanggung jawab memastikan program ini berjalan lancar dan berlanjut secara efektif? Terakhir, pastikan Anda memiliki metode untuk mengukur keberhasilan program ini.

Semua hal ini tentunya tidak bisa dianggap remeh dan itulah sebabnya manajemen perlu mempertimbangkan dan membahas semua pertanyaan tersebut sebelum meluncurkan program penghargaan (award).

2. Komunikasi

Program seperti “karyawan terbaik” atau “proyek improvement terbaik” adalah penghargaan yang baik, tetapi semua ini akan sia-sia jika karyawan tidak memahami alasan mengapa seseorang menjadi pemenang, atau mengapa mereka tetap saja kalah meskipun sudah berusaha semaksimal mungkin.

Untuk memastikan program dipercaya dan dihargai oleh karyawan, komunikasikan dengan transparan tentang bagaimana program tersebut berfungsi, apa standar untuk mendapatkan pengakuan, dan mengapa orang-orang yang diakui memperoleh penghargaan. Pastikan para karyawan benar-benar memahami mekanisme di balik program ini.

Ketika Anda memulai program award, Anda tidak hanya memberikan komitmen untuk sesekali memberikan penghargaan. Tetapi Anda juga berkomitmen untuk memberikan informasi yang konsisten tentang program tersebut selama program berlangsung. Dan juga ingat bahwa program ini adalah untuk jangka panjang jika Anda menginginkan hasil yang optimal. Jika tidak, mungkin lebih baik untuk tidak memulainya sama sekali.

3. Komitmen Manajemen

Saat program penghargaan sudah berjalan, manajemen harus mengambil tanggung jawab dengan sungguh-sungguh untuk menjalankannya dengan konsisten. Anda memang bisa melakukan perubahan untuk meningkatkan program, namun menghentikan program dengan tiba-tiba akan membuat karyawan kehilangan kepercayaan terhadap keseriusan Anda dalam menghargai kinerja terbaik.

Baca juga  Ikuti 5 Kaidah ini agar Problem Solvingmu Berhasil

Manajemen harus sepenuhnya terlibat dengan program penghargaan ini. Manajemen yang sungguh-sungguh berkomitmen memberikan pengakuan sebagai sarana untuk meningkatkan kinerja tidak akan menyerahkan tanggung jawab ini sepenuhnya pada tim HR (misalnya) dan memilih untuk terlibat secara aktif dalam inisiatif.

Kompetisi yang sehat adalah kompetisi yang bisa menginspirasi orang-orang untuk saling berbagi praktik terbaik dan membangun semangat yang kuat dalam meningkatkan kinerja. Kesimpulannya, program penghargaan (award) yang sukses akan bergantung pada dedikasi dan komitmen manajemen dalam mempersiapkan fondasinya. Hanya dengan perencanaan yang matang, komunikasi yang baik, dan keterlibatan aktif manajemen, program ini akan memberikan manfaat jauh melebihi biaya yang dikeluarkan. Dan sudah seharusnya program penghargaan menjadi wujud apresiasi atas kinerja dan dedikasi karyawan, serta sebagai pendorong semangat untuk mencapai kesuksesan bersama.

OPEXCON AWARD

OPEXCON Award adalah penghargaan yang diberikan SHIFT Indonesia kepada perusahaan yang telah berhasil melakukan improvement-inovasi dan menang di kompetisi proyek OPEXCON. Penghargaan ini diberikan rutin setiap tahun sejak tahun 2012 lalu.

Eksistensi OPEXCON membuktikan bahwa perusahaan di Indonesia terus melakukan perbaikan pada proses dan sistem secara berkesinambungan. Sebagai penyelenggara, SHIFT Indonesia berharap OPEXCON dapat terus menjadi platform untuk membangun awareness pelaku usaha tentang pentingnya aspek perbaikan proses dan inovasi bagi bisnis sekaligus menjadi wadah bagi perusahaan untuk terus bersemangat menjalankan improvement secara berkelanjutan.

Informasil lebih lanjut tentang OPEXCON bisa dilihat di https://bit.ly/OPEXCONFAQ