Beware of what you’re not aware!

Dunia teknologi yang terus berkembang, ternyata bukan hanya menjadi perhatian bagi orang-orang di dalam departemen IT saja. Namun, hal ini justru menjadi sesuatu yang penting bagi siapapun yang ingin melakukan perbaikan demi mencapai proses yang cepat dan efisien.

Berikut teknologi yang nantinya bakal menjadi trend dalam menciptakan proses yang lebih efektif dan efisien di dalam organisasi:

#1. Big Data

Big Data memiliki potensi untuk mendefinisikan ulang bagaimana perusahaan melakukan segala sesuatunya dari keputusan yang sudah di buat. Big data juga akan membantu perusahaan memonitoring bisnis dan kinerja, bahkan termasuk jenis pekerjaan dalam organisasi anda. Salah satu laporan dari Oxford University yang dipublikasi akhir tahun lalu, memprediksi bahwa 47 persen pekerjaan saat ini bergantung pada otomatisasi dan komputerisasi.

#2. The Internet of Things

Hal ini terkait erat dengan Big data. Sebuah konsep dunia dimana akan ada sebuah mesin cerdas berbicara dengan mesin lainnya untuk membuat proses bisnis di dalam organisasi anda lebih mudah. Bayangkan, sebuah kereta yang tahu bagaimana memberhentikan jalannya demi efisiensi bahan bakar yang optimal. Dan satu hal yang sangat menarik dari The Internet of Things ini adalah bahwa hal ini memungkinkan praktek-praktek baru yang membuat pekerjaan lebih efisien, responsive dan lebih aman. Jauh dari yang anda bayangkan.

#3. Cloud Computing & Software sebagai sebuah Service

Teknologi ini benar-benar mengubah peran departemen IT untuk lebih memahami bagaimana mencocokkan kebutuhan bisnis dengan teknologi yang tersedia. Para vendor dari perangkat lunak juga dapat menyesuaikan kebutuhan perusahaan terkait waktu sekitar uptime ataupun downtime. Hal ini mengikuti teori Adam Smith tentang pembagian dan spesialisasi tenaga kerja, yaitu tim anda dapat fokus pada proses bisnis dan vendor perangkat lunak dapat fokus pada teknologi. Itu artinya efektivitas dan efisiensi akan semakin baik.

Baca juga  3 Konsep Penting dalam Metode Lean

#4. Wearable Technology

Satu hal yang harus anda sadari adalah, teknologi juga bisa menjadi sebuah style bagi orang yang menggunakannya. Contohnya, Google Glass. Selain kecanggihannya yang bisa membantu anda mengambil gambar, membuat panggilan telepon, memberi anda petunjuk, Google Glass memberikan anda kenyamanan ketika menggunakannya. Selain Google Glass yang disebut sebagai “kacamata pintar”, ada juga jam tangan dan pakaian yang dapat melacak kecakapan fisik anda dan memberitahu anda, apakah anda cocok mengenakannya atau tidak. Dalam sebuah artikel di Financial Times, Chris Steel, kepala praktek IT PA di Amerika Serikat menawarkan beberapa saran untuk bagaimana perusahaan dapat menggunakan teknologi seperti Google Glass ini, seperti untuk inspeksi aset, menemukan produk dan mengelola persediaan di gudang, atau memberikan arahan dari jarak jauh.***RR/RW

Sumber: processexcellencenetwork