Sumber Photo: Agence France-Presse/Getty Images Pesawat Garuda Indonesia.
Sumber Photo: Agence France-Presse/Getty Images
Pesawat Garuda Indonesia.

Singapura – Boeing Co. mengatakan Indonesia akan membeli  50 pesawat 737-MAX generasi terbarunya. Pesanan ini bernilai $4,9 milyar, dilihat dari harga pesawat.

Pesanan Garuda mencakup konversi pesanan mereka saat ini terhadap empat pesawat 737-800 generasi lama ke tipe MAX, kata Boeing dalam pernyataannya.

Boeing biasanya memberi diskon harga pesawat sampai 30 persen. Pesawat MAX dengan satu lorong yang banyak dipakai saat ini tengah dikembangkan. Pesawat ini menjanjikan penghematan bahan bakar lebih besar ketimbang pesawat yang ada sekarang berkat mesin baru dan modifikasi kerangka pesawat. Pesawat MAX dijadwalkan mulai beroperasi pada 2017.

Pesanan ini penting bagi Garuda saat maskapai nasional tersebut berjuang di tengah ketatnya kompetisi dengan maskapai bujet, seperti Lion Air atau maskapai Malaysia, AirAsia Bhd. Saat ini AirAsia menganggkut hampir setengah total penumpang pesawat di Asia Tenggara.

Menurut Boeing, pesanan Garuda tersebut sebelumnya ditandai sebagai “konsumen tak teridentifikasi” di situs perusahaan.

Garuda Indonesia saat ini mengoperasikan 77 pesawat Boeing 737. Dengan memesan pesawat baru, Garuda memiliki fleksibelitas untuk tumbuh dan memperbarui armadanya, menurut pernyataan tersebut.

Boeing mengatakan telah mengantongi pesanan bagi 2.295 pesawat MAX dari 47 kliennya di seluruh dunia.***

Sumber: The Wall Street Journal

Baca juga  Belajar Inovasi dari Kesuksesan Icons K-Pop BTS