Pebisnis yang baik tahu bahwa untuk menjadi sukses, dibutuhkan peran penting orang lain di sekitarnya. Tengoklah kisah sukses Steve Jobs, Elon Musk, Jeff Bezos, Bill Gates, Ariana Huffington, Mark Cuban, dan lainnya. Tokoh-tokoh ini tidak akan menjadi seperti sekarang, tanpa enam tipe orang ini dalam hidup mereka.

Enam tipe orang yang harus dimiliki setiap pebisnis dalam hidup mereka untuk meraih sukses antara lain:

1. Tipe Pendorong
Tujuan utama tipe ini adalah untuk mendorong Anda ketika anda menghadapi jalan yang seringkali tak terduga dalam perjalanan bisnis. Anda tidak akan memulai sebuah bisnis, hingga Anda menemukan seseorang yang akan mendorong Anda untuk berani melakukannya.
Tipe ini biasanya merupakan orang terdekat yang berarti bagi Anda. Bisa pasangan, kerabat dekat, atau sahabat Anda. Sekeras apapun usaha Anda membangun bisnis, Anda memerlukan banyak pendorong semacam ini dalam hidup Anda.

2. Tipe Hakim
Di ruang sidang, seorang akan menilai kasus dengan pertanyaan-pertanyaan setelah ia memiliki berbagai rincian tentang kasus tersebut. Demikian juga dalam bisnis. Seseorang dengan tipe hakim akan memberikan pendapat yang jujur tentang yang Anda kerjakan, tidak hanya bisnis tapi juga hal lain dalam hidup Anda.
Pada sebuah episode acara Follow My Lead, Bob Beaudine menyebut peran ini sebagai “dewan pribadi direksi.” Bukan berarti Anda harus memiliki “dewan pribadi” tersebut dalam arti sebenarnya secara nyata, tetapi yang terpenting adalah Anda perlu memiliki orang dengan tipe hakim dalam bisnis Anda.

3. Tipe Penasehat
Tipe penasehat ini adalah orang yang Anda dapat hubungi pada saat-saat krusial, seperti saat membuat keputusan besar dalam perusahaan atau kebijakan perekrutan. Seringkali mereka memiliki pengalaman bisnis di dalam dan di sekitar bidang bisnis Anda. Mereka menyediakan waktu untuk Anda dan selalu memberikan saran-saran yang baik.
Kadang-kadang saran mereka adalah apa yang tidak ingin Anda dengar karena berlawanan dengan apa yang Anda pikirkan, namun itulah alasan mengapa mereka begitu penting, untuk memberikan insight lain yang bermanfaat.

4. Tipe Partner
Tipe ini adalah “Yin” untuk “Yang” Anda. Mereka memiliki keterampilan yang secara cuma-cuma untuk membantu mengatasi kelemahan Anda. Ia tidak harus berada dalam porsi 50:50 dengan pendiri perusahaan. Ia biasanya orang internal yang bisa saja Anda dan perusahaan seperti punggung tangan mereka.Karenanya, bisa jadi pada suatu waktu bekerja dengan mereka terasa sulit, tetapi pada akhirnya disadari bisnis tidak akan bertahan tanpa mereka.

Baca juga  Ukur Kualitas Improvementmu di OPEXCON, Pendaftaran Sudah Dibuka!

5. Tipe Kolaborator
Setiap pebisnis harus memiliki seseorang dalam hidup yang dapat diandalkan untuk berdiskusi bersama mengenai ide-ide. Ia adalah seseorang yang baik yang membantu Anda mengeksplorasi ide-ide bisnis baru, produk, pemasaran, dan sebagainya. Biasanya, tipe kolaborator terbaik adalah mereka yang memiliki imajinasi yang besar dan idea-ide yang tidak biasa.

6. Tipe Incentivizer
Tipe ini mungkin terdengar menyebalkan. Ia adalah seseorang yang meragukan Anda, mengatakan Anda tidak bisa melakukannya, atau Anda tidak cukup baik. Namun kata-kata dan tindakan mereka berguna untuk menjadi motivasi Anda, untuk bersemangat dan membuktikan bahwa mereka salah.

Nah, bagaimana dengan Anda, apakah Anda memiliki keenam tipe orang ini di sekeliling Anda untuk membangun jaringan bisnis yang sukses?