Setiap sistem manajemen memiliki keinginan tinggi terhadap kualitas. Sebagai contoh penerapan Total Quality Management (TQM) dan Six Sigma di perusahaan selalu berbicara bagaimana kita bisa membuat terobosan untuk meningkatkan kualitas layanan melalui perbaikan-perbaikan. Kenapa kualitas ini menjadi penting bagi bisnis Anda?

1. Meningkatkan reputasi perusahaan
Dengan menciptakan produk yang berkualitas, perusahaan akan mendapatkan predikat yang bagus di mata pelanggan. Bahkan tidak menutup kemungkinan produk akan cepat berekspansi ke pasar global.

2. Kesempatan mewujudkan cost reduction
Dengan menghasilkan produk yang berkualitas, berarti perusahaan mampu melakukan kegiatan produksi dengan efektif dan efisien. Produk yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan dan harapan pelanggan sehingga jumlah produk defect atau barang cacat dapat ditekan sekecil mungkin (zero waste)

3. Menjadi kunci untuk mendapat loyalitas pelanggan
Kualitas menjadi kunci utama agar produk dikenal dan dipercaya masyarakat luas. Jika ingin meningkatkan loyalitas ke level yang lebih tinggi pastikan Anda meningkatkan kualitas terlebih dahulu. Baik kualitas produk maupun kualitas pelayanan.

Anda sebagai pengusaha, pastinya ingin bisnis yang berkelanjutan dengan meluncurkan lebih dari satu produk bukan? Mulai pikirkan produk dan kualitas seperti apa yang akan diminati pasar. Karena pada akhirnya, kualitas lah yang dinilai konsumen, bukan yang lain. Mungkin konsumen tidak peduli bagaimana Anda melakukannya, tetapi mereka hanya peduli pada kualitas apa yang mereka dapatkan dengan produk atau layanan Anda.

Saat ini konsumen cenderung memilih sebuah produk karena kelebihan, baik itu fitur yang lebih komplit atau pun pelayanan pelanggan yang lebih baik. Anda harus bisa mewujudkan itu. Berikan sesuatu yang selalu berbeda, yaitu apa yang tidak dimiliki oleh kompetitor. Jadikan kualitas menjadi hal utama.

Baca juga  Inovasi, Jawaban atas Tantangan Zaman