Kepemimpinan yang hebat akan meningkatkan produktivitas. Ini bukan hanya kata kami ya excellent people, sudah banyak penelitian yang membuktikan. Dan khususnya bagi Anda para CEO dan juga manajer di level menengah, pendekatan kepemimpinan yang Anda miliki berpengaruh langsung terhadap kemampuan organisasi dalam mencapai tujuan bisnis. Sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk terus stay up to date dengan kondisi zaman dan memahami baik kebutuhan team.

Pemimpin adalah penentu

Kesalahan dalam melakukan analisa akan berdampak pada produktivitas. Lemah dalam proses pengambilan keputusan juga akan menghambat kemajuan bisnis. Sebagai pengambil keputusan seorang pemimpin harus sepenuhnya rasional dan memahami permasalahan saat ini yang harus diselesaikan.

Beberapa orang, mungkin sudah tidak asing lagi dengan pendekatan 6 langkah problem solving Elon Musk. Jika kita gambarkan seperti berikut; langkah pertama berikan pertanyaan, kedua kumpulkan sebanyak mungkin bukti tentang hal itu, ketiga kembangkan asumsi berdasarkan bukti dan berikan probabilitas kebenaran untuk setiap asumsi yang Anda buat, keempat buat kesimpulan, kelima carilah sanggahan dari orang lain untuk mematahkan kesimpulan Anda, terakhir jika tidak ada yang mematahkan kesimpulan Anda maka mungkin Anda sudah benar meskipun Anda belum tentu benar. Musk menggunakan 6 langkah ini untuk menemukan ide, melakukan pemecahan masalah dan membuat keputusan penting bisnis. Dan benar saja seperti yang kita lihat saat ini, pengambilan keputusan berbasis data yang selalu dipegangnya menjadikannya pemimpin transformasi yang inovatif sekaligus miliarder sukses.

Anda mungkin memahami dengan baik bahwa pengambilan keputusan adalah sesuatu yang sangat penting namun sulit dilaksanakan. Keputusan yang baik adalah hasil dari pengalaman, skill dan penilaian yang tajam. Jika ketiga hal ini belum maksimal, pengambil keputusan bisa menjalankan tugasnya dengan memanfaatkan bantuan beberapa tool, seperti misalnya sebuah checklist sederhana. 

Baca juga  Inilah 2 Pilihan yang Dimiliki Bisnis di Masa Krisis

Checklist ini akan menjabarkan pengalaman dengan kode-kode tertentu, yang akan membantu memastikan proses pengambilan keputusan didukung oleh pengetahuan dan penilaian yang tajam. Namun checklist bukanlah substitusi bagi skill dan pengetahuan, tapi ia berperan untuk memaksimalkan utilisasi dari pengetahuan yang ada.

Pemimpin bukan hanya membuat keputusan tetapi juga mengembangkan kemampuan problem solving seluruh anggotanya sehingga dapat membuat keputusan yang efektif untuk pekerjaan masing-masing. Ingat kreativitas memang penting untuk inovasi, namun kreativitas saja tidak akan cukup karena inovasi adalah kontribusi keseluruhan dari people, proses, dan sistem di organisasi.

Yes! SSCX juga percaya bahwa perilaku kepemimpinan sangat berpengaruh terhadap kinerja organisasi utamanya dalam hasil dan produktivitas karyawan. Guna mendukung terciptanya kepemimpinan yang efektif, SSCX akan menyelenggarakan Free Webinar Leadership for Productivity, 6 Agustus 2021. Kuota terbatas ya! Link Registrasi: https://bit.ly/SSCXLP-060821

Sumber: medium.com, entrepreneur.com, shiftindonesia.com