SHIFT SSCX Boeing 2014
Sumber Photo: The Wall Street Journal

Boeing mencetak rekor sebagai maskapai penerbangan dengan pemesanan dan pengiriman pesawat terbanyak di tahun 2014. Seperti dikutip dari The Wall Street Journal, perusahaan pembuat pesawat asal Chicago, Amerika Serikat tersebut telah menghabiskan banyak  biaya untuk meng-upgrade armada mereka, dan membuat pesawat hemat bahan bakar yang baru.

Sekitar dua dari tiga pesanannya adalah untuk jenis Boeing Jet 737 yang populer dengan single-aisle-nya. Jet ini berfungsi untuk penerbangan jarak pendek dan menengah yang digunakan oleh maskapai penerbangan di seluruh dunia.

Hasil rekor ini juga dibantu dengan pesanan Boeing 787 dengan model body yang lebih besar. Boeing biasa menyebutnya dengan “Dreamliner”. Perusahaan mengatakan, selama tahun 2014, pihaknya telah mengirimakn 114 Dreamliner, termasuk juga untuk jenis 787-9 dan 787-8.

Menurut perusahaan, kejadian cancelation juga menurun, sehingga membantu meningkatkan jumlah pesanan pesawat mereka. Mereka mengatakan pada 2014, ada sekitar 1.550 pesanan dengan 118 cancelation. jumlah cancelation ini lebih sedikit dibanding tahun 2013, dimana ada 1.532 pesanan dan 176 cancelation.

Perusahaan yang membangun pesawatnya di wilayah Seattle, Carolina Selatan dan Eropa ini juga merupakan saingan kuat Airbus. Dengan jumlah penjualan yang telah dibukukan dan diumumkan ini, Boieng dianggap sebagai produsen maskapai penerbangan yang paling laris.

Sementra Airbus baru akan mengumumkan jumlah penjulannya selama 2014 pada 13 Januari 2015, menurut The Wall Street Journal.***

Sumber: Wsj.com

 

Baca juga  4 Inovasi Pengelolaan dan Pengembangan Sumber Daya Air Berkelanjutan yang Tampil di Ajang WWF