Sebagai bukti komitmen PT. Indosat, Tbk. untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, perusahaan telekomunikasi tersebut mengadakan pelatihan internal Lean Six Sigma Yellow Belt. Lean Six Sigma sendiri merupakan suatu metode improvement yang fokus utamanya adalah meningkatkan value dan kepuasan pelanggan.

Pelatihan Yellow Belt diadakan dalam dua batch (yaitu tanggal 3-4 dan 10-11 September 2012) di kantor pusat Indosat di Jalan Medan Merdeka Barat. Pelatihan difasilitasi oleh SSCX Internasional, lembaga konsultasi yang telah memiliki pengalaman panjang memberikan pelatihan dan bimbingan dalam inisiatif Lean Six Sigma, Total Productive Maintenance dan Quality Management. Pelatihan disampaikan oleh konsultan senior SSCX, Rifki Rizal.

Yellow Belt sendiri adalah salah satu infrastruktur dalam tim pelaksana program Lean Six Sigma, yaitu individu-individu yang telah memiliki pengetahuan dasar mengenai penerapan Lean Six Sigma serta tool nya. Pelatihan Yellow Belt di Indosat sendiri terfokus kepada pengenalan konsep dan siklus DMAIC (Define-Measure-Analyze-Improve-Control), yang merupakan pola umum yang digunakan dalam setiap proyek Lean Six Sigma. Selain itu, peserta juga mendapatkan pengetahuan mengenai beberapa tool Lean seperti Value Stream Mapping (VSM), Visual Management, dan Kaizen.

“Training SSCX sangat jelas an memberikan pengertian menyeluruh mengenai lean six sigma yellow belt dengan cara yang mudah dimengerti,” ujar Hanna Sitorus, Group Head Internal Audit dari Indosat. “Pelatihan kasus riiil juga sangat membantu pemahaman. Two thumbs up!”

Baca juga  Strategi Pertamina Jaga Ketahanan Energi dan Kelestarian Lingkungan