Improve merupakan fase keempat metode DMAIC. Tujuannya yaitu menemukan the best solution atau solusi terbaik untuk masalah yang ada dimana root cause-nya sudah ditemukan di fase analyze.

Aktivitas di Fase Improve

Karena root cause-nya sudah ditemukan, kita akan lebih mudah mencari apa solusi yang mau dilakukan. Dalam fase improve ini setelah kita membuat suatu rencana perbaikan atau solution plan-nya, kita bisa segera mengimplementasikan rencana tersebut. Namun, dalam menjalankannya tentu tidak bisa sembarangan.

Sebab meskipun root cause-nya sudah ditemukan namun bukan berarti kita bisa langsung asal melakukan perbaikan, kita harus tetap hati-hati karena project Lean Six Sigma bukanlah project yang asal-asalan. Jadi benar-benar dipertimbangkan, dipersiapkan, agar hasil yang didapat bisa maksimal. Karena itulah ketika kita sudah buat rencana tindakan perbaikannya, kita bisa lakukan atau mulai implementasikan tetapi di dalam skala yang kecil dulu. Inilah yang kita kenal dengan istilah pilot sample.

Pilot sample adalah aktivitas perbaikan yang dilakukan dengan skala terbatas tidak langsung mass production. Hasil piloting ini kemudian  direview terlebih dahulu hasilnya seperti apa untuk menemukan bottleneck atau kendala yang lain, kita identifikasi dan kemudian jika ada hasil temuan baru maka kita bisa lakukan adjustment atau improve disana. Sehingga nanti begitu pilot selanjutnya dilakukan bisa didapat hasil yang lebih maksimum lagi. Setelah kita dapat dari hasil pilot tadi barulah kita implementasikan secara masal atau menyeluruh di operasional kita.

Setelah itu juga pastikan bahwa improvement yang dilakukan diverifikasi, dilakukan pengecekan hasilnya bagaimana – apakah sudah sesuai target atau belum. Hal ini untuk memastikan agar hasil improvement sesuai dengan yang diinginkan. Sebab itu, review dan monitoring harus selalu dilakukan. Kalau memang ada yang perlu diverifikasi, diadjust, atau diperbaiki karena ada isu lain yang muncul jangan dibiarkan, lakukan ACTION yang diperlukan. Follow up segera semua isu yang muncul selama fase pilot. Jika tidak, hal ini bisa menjadi masalah saat diimplementasikan. Pastikan dampaknya bagus dan solusinya sesuai.

Nah, itu tadi adalah aktivitas yang dilakukan di fase improve. Sekali lagi tujuan dari fase improve adalah mendapatkan kondisi terbaik, sudah kita coba buktikan, dan implementasikan di operasional kita.

Baca juga  Membangun Super Organisasi Melalui Perubahan Perilaku

Tools yang Digunakan di Fase Improve

Lalu apa saja tools yang dipakai dalam fase improve? Pada dasarnya ada banyak sekali tools yang bisa kita gunakan, namun tidak semua tools tersebut harus digunakan. Kita bisa memilih tools yang paling sesuai dengan kebutuhan kita. Salah satunya kita bisa menggunakan DoE atau Design of Experiment. DoE ini biasanya digunakan di area manufacturing, sedangkan services biasanya tidak. Selanjutnya ada tool bernama Pilot Plan, bagaimana kita membuat suatu rencana untuk aktivitas pilot sehingga pilot yang dilakukan berhasil, juga bisa lebih mudah diverifikasi – apakah sesuai atau tidak kemudian juga ada hypothesis testing atau uji hipotesa untuk mengevaluasi, verifikasi dan validasi hasil dari percobaan kita.

Nah itulah artikel tentang fase Improve – DMAIC. Nantikan artikel kami selanjutnya yang akan membahas fase terakhir DMAIC – Control. Salam improvement!

Sumber: Youtube SHIFT Indonesia