Disiplin merupakan satu hambatan besar bagi sebagian besar orang untuk mencapai kesuksesan. Untuk itu, perlu untuk meluangkan waktu sejenak untuk mulai membiasakan diri lebih disiplin dalam hal apapun yang harus dilakukan, bahkan apabila hal tersebut tidak ingin dikerjakan.

Membiasakan diri bersifat disiplin akan mengantarkan orang untuk dapat lebih mudah mencapai keberhasilan yang mereka impikan. Disiplin merupakan satu kebiasaan yang menjadi tantangan besar untuk diterapkan secara konsisten dalam kehidupan sehari-hari.

Pastinya, membiasakan diri untuk disiplin tidak akan berhasil dilakukan hanya dalam waktu sekejap, melainkan membutuhkan ketekunan dan tentunya, motivasi kuat yang terus dilakukan secara konsisten. Karena itu, untuk menjadikan diri lebih disiplin dalam kehidupan, berikut 7 cara yang mungkin dapat mulai diterapkan mulai saat ini:

[cpm_adm id=”10097″ show_desc=”no” size=”medium” align=”right”]

  1. Buat Komitmen

Seseorang yang sangat ingin mencapai keberhasilan yang diinginkannya, harus membuat komitmen kuat untuk selalu bersikap disiplin dalam kehidupannya. Sesederhana itu. Menjadi disiplin bukanlah menjadi satu hal yang dimiliki – namun lebih kepada satu hal yang HARUS dilakukan. Disiplinkan semua kebiasaan positif yang dimiliki dan buang jauh semua yang negatif. Misalnya, jadilah disiplin dengan kesehatan tubuh, pengendalian emosi, dan jaga pikiran tetap positif.

  1. Tetap Fokus

Kaji ulang semua tujuan yang dimiliki setiap paginya sebelum memulai beraktivitas. Bisa juga dengan menyusun tujuan-tujuan yang ingin dicapai keesokan harinya dan mengkajinya kembali sesaat sebelum mengakhiri aktivitas. Pastikan bahwa waktu dan tempat yang dipilih tenang dan bebas dari gangguan luar untuk menjaga agar tetap fokus. Cara ini akan menjadikan pikiran lebih positif dan hari esok menjadi lebih produktif.

  1. Memprioritaskan Tugas

Seperti ketika membuat perencanaan tujuan hari esok, buat diri lebih disiplin untuk menyelesaikan pekerjaan yang membutuhkan upaya-upaya yang lebih besar. Usahakan untuk tetap menjaga diri dari tekanan yang menjadikan pikiran stres, dengan mengerjakan pekerjaan yang memiliki tingkat stres tinggi di awal. Ketika pekerjaan yang menuntut stres tersebut lebih awal, bukan hanya menjadikan pekerjaan tersebut terselesaikan dengan lebih konsisten, tetapi akhir hari dan aktivitas menjadi lebih ringan, dan tetap menjadikan diri lebih produktif pada sisa pekerjaan yang kurang penting.

  1. Istirahat Cukup
Baca juga  4 Langkah Melakukan Effective Problem Solving

Kunci sukses yang tak kalah pentingnya dengan upaya untuk mencapai keberhasilan adalah memiliki pikiran dan tubuh yang siap dengan segala aktivitas setiap harinya. Tidak ada cara yang lebih baik untuk meningkatkan konsentrasi daripada memiliki cukup waktu untuk beristirahat. Buat jadwal istirahat rutin, bagaimanapun tingginya stres yang dialami. Akan lebih baik apabila membuat satu ulasan dalam buku harian mengenai aktivitas yang telah dilakukan setiap harinya sebelum tidur, karena menulis akan membantu untuk mendapatkan solusi yang akan mengurangi tingkat stres tubuh.

  1. Makan Teratur

Nutrisi yang baik menghasilkan pikiran yang lebih jernih dan energi yang lebih besar. Untuk itu, sebaiknya jangan tinggalkan sarapan setiap paginya, dan konsumsilah makanan yang mengandung protein tinggi namun rendah karbohidrat. Ketika makan siang, hindari pula terlalu banyak alcohol. Lebih baik ganti karbohidrat dengan sayuran dan daging rendah lemak untuk asupan protein. Pastikan pula tubuh untuk jauh dari dehidrasi dengan cukup minum setiap harinya.

  1. Lakukan Hal-hal Kecil

Cara yang baik untuk menumbuhkan kebiasaan disiplin dalam diri adalah dengan fokus melakukan hal-hal kecil yang seharusnya menjadi kewajiban setiap harinya, seperti merapikan tempat tidur, mencuci mobil, dan lain sebagainya. Karena ketika diri telah membiasakan disiplin terhadap hal kecil sekalipun, maka kebiasaan tersebut akan terbawa dalam hal-hal besar yang lebih penting untuk dilakukan.

  1. Konsisten untuk Melanjutkan

Selalu buat keputusan sehari sebelumnya. Misalnya, jika ingin melakukan olahraga di pagi hari, usahakan untuk tetap melakukannya. Apabila ingin mengambil sebuah proyek kerjasama yang penting, jangan pernah ragu keesokan harinya. Karena keputusan telah dibuat sebelumnya – jadi selalu ikuti keputusan tersebut.

Untuk tetap mampu disiplin secara konsisten, selalu gunakan pola pikir ‘just do it’ setiap saat. Jangan biarkan pikiran negatif mempengaruhi komitmen yang telah dibangun sebelumnya. Terus biasakan diri bersikap disiplin, dan kelola pikiran untuk tetap fokus dan positif serta jaga energy dengan baik setiap harinya. Tekan stres sejak awal, sehingga tubuh dan pikiran tetap mampu fokus pada tujuan jangka panjang. Ketika diri membiasakan sifat disiplin, maka tubuh akan lebih resisten terhadap stress, dan keberhasilan akan lebih mudah diraih.***