Dalam pameran teknologi manufaktur terbesar di dunia – IMTS (International Manufacturing Technology Show) tahun ini, lebih dari 100.000 industri hadir, selain karena sebagai bentuk kebanggaan dan apresiasi terhadap pentingnya peran industri manufaktur sendiri juga tentunya mereka hadir untuk mendapatkan ide-ide dan inspirasi segar dari acara tersebut.

Tapi, tunggu dulu. Bukan hanya mereka yang datang ke acara tersebut saja yang bisa mendapatkan ide dan inspirasi dari IMTS, Anda pun juga bisa!

Berikut 10 produk dan teknologi terbaik dari IMTS 2014 yang bisa mendatangkan ide di kepala anda, seperti yang dirangkumkan Manufacturing.net:

#10. Heavy-Duty Construction For The Aerospace Industry

Salah satu pabrik pembuat peralatan mesin (machine tools) yang berbasis di Oguchi-cho, Jepang, Okuma, meluncurkan mesin CNC turning center (VTM-2000YB) di IMTS 2014. Mesin ini dipamerkan dengan mendemonstrasikan sebuah cara kerja yang mengesankan dari fan dan mesin case. Bagi industri kedirgantaraan, hal ini menjadi prestasi yang membanggakan namun, mesin CNC ini masih memiliki bagian penanganan dengan footprint yang konservatif.

#9. The Ballet of Machine Tools And Robots

Anda mungkin sudah cukup familiar dengan kegunaan dan fungsi dari peralatan mesin ataupun sistem robotik yang biasanya digunakan di lantai produksi, tapi di IMTS para pengunjung bisa melihat mesin robotik yang seakan tidak pernah berhenti bekerja. Mesin robotik ini dikendalikan melalui pemrograman yang berbeda. Menghibur, tapi memang agak menakutkan.

#8. Mach 1 Drones

Today’s Technology Center (TTC) mungkin memang telah memamerkan beberapa kemajuan dalam stan mereka, namun hal yang menjadi perhatian adalah produk drones mereka yang dibuat oleh Composite Engineering Inc. Salah satu ciptaan terbaik mereka yang bisa mencapai ketinggian 45.000 kaki.

Baca juga  Inspirasi dari Lapangan: Pelajaran Operational Excellence dari Permainan Basket

#7. Additive Manufacturing With Renishaw

Bagaimana jika dua perusahaan berbeda, yang satu pembuat produk inovatif yang bisa meningkatkan kinerja operasional dan satu lagi pembuat sepeda gunung yang juga memiliki desain yang inovatif? Yap. Renishaw berkolaborasi dengan Empire Cycles untuk menciptakan apa yang mereka sebut frame 3D-printed pertama di dunia. Dalam upayanya membuat bingkai yang lebih kuat dan lebih ringan, Renishaw memanfaatkan proses optimasi topologi (sistem manufaktur aditif AM250) untuk membuat titanium alloy frame yang lebih terang 33 persen dari desain aslinya.

#6. Crowdsourcing Design, Manufacturing At Home

Local Motors memamerkan koleksi pertama mereka di IMTS 2014. Mobil yang diberi nama the Rally Fighter ini dirancang sebagai built-at-home car. Model mobil ini menyoroti beberapa bagian penting dari IMTS, termasuk IMTS bagding dan plat nomor Virginia yang bertuliskan IMTS 1.

#5. Additive Manufacturing For Challenging Markets

Penyedia material digital part, ExOne, memamerkan produk manufaktur aditif mereka di IMTS 2014. Dengan semakin berkembangnya teknologi 3D-printed, proses baru yang muncul selalu mendapatkan tempat di pasar. Untuk itu, ExOne telah memperluas teknologi dalam membuat komponen cetak sebagai upaya untuk mempertahankan dan dapat tumbuh di pasar yang kompleks.

#4. Breaking Records

Dengan jumlah uang yang disumbangkan kepada The Manufacturing Institute, Sandvik Coromant telah memecahkan rekor dunia (Guinness World Record) dengan mosaik koin terbesar yang pernah dibuat. Jumlah koin yang bernilai $65.000 adalah jumlah yang dikontribusikan dari industri manufaktur kepada ekonomi Amerika Serikat.

#3. Bionic-Inspired Tools

Festo mempersembahkan Bionic Handling Assistant – sebuah mesin robotik yang berfungsi seperti lengan yang dapat mencengkram sesuatu. Ide ini terinspirasi dari belalai gajah.

Baca juga  Telah Terbit Edisi Terbaru, THE 5 RIGHT APPROACH: Your Path to Excellent Project Improvement

#2. 3D Printing Cars

Lagi-lagi, di IMTS, Local Motors memamerkan produk andalan mereka. Kali ini Local Motors menjawab tantangan dalam membangun desain 3D-printed mobil listrik.  Desain 3D-printed ini memberikan wawasan tentang kemampuan dan tantangan desai 3D-printed yang ada di lingkungan manufaktur.

#1. Robotic Arms And Graduate Projects

Universal Robot meluncurkan generasi terbaru mesin robot mereka. Adalah VERSABALL, salah satu robot bersenjata dengan alat cengkram baru dari Empire Robotics. Alat baru ini memiliki permukaan seperti bola yang fleksibel. Universal Robot pun berharap produk robot generasi terbaru mereka ini juga bisa digunakan di luar angkasa.

Bagaimana, adakah ide unik dan menarik yang sudah anda dapatkan setelah melihat gambar-gambar di atas?

Jika belum cukup dengan ide dan teknologi canggih yang ada di IMTS, Anda bisa mendapatkan inspirasi lain seputar perjalanan berbagai industri dalam melakukan upaya continuous improvement di organisasi mereka serta gambaran ekonomi Indonesia di tahun 2015, hanya di Opexcon14!