Tahukah Anda bahwa pemimpin memiliki persamaan dengan pemain musik? Meskipun berasal dari dua hal yang sangat berbeda, seni leadership ibarat seni musik yang dapat “menyihir” para pendengarnya. Apa saja persamaannya? Simak artikel singkat berikut ini.

Ini Dia 5 Persamaan Pemimpin dengan Musik

Bagaimana perasaan Anda saat mendengar musik favorit Anda? Anda akan menikmatinya, menganggukkan kepala, dan ikut bersenandung. Sebuah musik yang bagus bahkan membuat dapat membuat terhanyut ke dalam suatu waktu tertentu menghidupkan kembali momen yang berarti bagi Anda. Musik yang sangat baik membuat pendengarnya tenggelam dalam sebuah perasaan mendalam.

Jim Crupi, seorang konsultan manajemen yang sangat terkenal dalam bisnis internasional, menganalogikan kepemimpinan yang baik dengan musik.

1. Seorang pemimpin adalah seorang penyanyi sekaligus penulis lagu.
Pendengar akan senang mendengarkan sebuah lagu yang menyentuh hatinya sehingga mereka terkesan. Sama halnya sebagai pemimpin, Anda harus pandai menyentuh hati dan pikiran bawahan Anda, baik dengan kata-kata yang berarti, juga dengan bagaimana cara Anda menyampaikannya.

2. Seorang pemimpin memastikan semua anggota dalam harmonisasi yang sama.
Layaknya sebuah konser di mana pemain biola, pemain piano, pemain drum, dan penyanyi, mereka semua mengetahui peran mereka masing-masing. Hasilnya: sebuah harmoni yang baik. Sebagai pemimpin, Anda harus memastikan setiap anggota harus kompak dan berada dalam persepsi yang sama yang dapat dimengerti dan diserap secara emosional.

3. Membuat tema yang sederhana, lalu mengulang-ulangnya.
Salah satu penyebab sebuah musik berhasil melekat dalam benak Anda adalah karena musik tersebut gampang dicerna, easy listening, dan Anda telah berulang kali mendengarnya. Penting bagi Anda untuk membuat visi, misi, dan tujuan perusahaan yang mudah untuk dimengerti bagi semua anggota. Pastikan seluruh anggota mendengarnya berulang kali sehingga membuat mereka familiar dan fokus untuk mencapai hal tersebut.

4. Pemimpin yang hebat pandai mencari “pemain” yang tepat.
Sebuah anggota band mungkin terdiri dari berbagai macam individu dari latar belakang, etnis, usia, dan jenis kelamin yang bereda. Namun semuanya berdedikasi dan saling berharmonisasi satu sama lain untuk tujuan yang sama.Sama halnya dengan sebuah perusahaan. Pemimpin harus dapat melihat dan jeli dalam memilih resume para “calon pemain” intui mengisi posisi yang tepat untuk mencapai keselarasan harmoni dalam organisasi perusahaan.

Baca juga  Pengalaman Berharga Mengikuti OPEXCON Project Competition

5. Tularkan komitmen dan antusiasme.
Saat musik menyentuh hati para pendengarnya, semua orang mulai ikut bernyanyi dan bertepuk tangan bersama penyanyi pada sebuah konser. Pada akhir konser, baik penonton, penyanyi, bersama ribuan penonton lainnya dengan rasa antusias bersorak sorai seolah menyatu satu sama lain. Pemimpin yang baik akan bisa menanamkan dan menularkan rasa antusiasme dan komitmen kepada setiap orang. Sehingga mereka termotivasi dan tergerak dalam semangat yang sama untuk mewujudkan komitmen perusahaan.

Pemimpin yang baik mengetahui bagaimana menciptakan emosi dan membuat arahan layaknya sebuah musik yang indah. Pemimpin yang baik harus dapat selaras dengan orang-orang sekitarnya sehingga saat ia harus “menyanyikan sebuah lagu baru” dan mengarahkan para anggotanya, mereka dengan mudah mengikutinya.

Sumber: :ideas.ted.com

[cpm_adm id=”12044″ show_desc=”no” size=”medium” align=”none”]