Dari turnamen bola basket kita dapat menemukan beberapa pelajaran berharga tentang Operational Excellence. Yah, meskipun permainan atau olahraga ini tampaknya jauh dari lingkup bisnis, prinsip-prinsip dan strategi yang digunakan dalam permainan bola basket dapat diterapkan dalam konteks bisnis, terutama dalam mencapai Operational Excellence. Mengutip Industryweek, berikut adalah beberapa pelajaran yang dapat kita ambil:

  1. Kolaborasi Tim: Seperti dalam bola basket, kerjasama dan komunikasi yang baik di antara anggota tim sangat penting dalam bisnis. Dalam permainan, setiap pemain memiliki peran dan tanggung jawabnya sendiri, tetapi mereka juga harus berkolaborasi dengan pemain lain untuk mencapai tujuan bersama. Demikian pula, dalam bisnis, kolaborasi tim yang efektif dapat menghasilkan hasil yang lebih baik dalam mencapai Operational Excellence.
  2. Strategi yang Terorganisir: Setiap tim bola basket memiliki strategi permainannya sendiri yang terorganisir dengan baik, baik untuk serangan maupun pertahanan. Begitu juga dalam bisnis, memiliki strategi yang terstruktur dan terorganisir dengan baik sangat penting untuk mencapai Operational Excellence. Ini melibatkan perencanaan yang matang, pemantauan yang cermat, dan respons yang cepat terhadap perubahan.
  3. Analisis dan Evaluasi: Tim-tim bola basket melakukan analisis yang cermat terhadap lawan mereka sebelum pertandingan dan mengevaluasi kinerja mereka setelah pertandingan untuk memperbaiki strategi mereka. Hal yang sama berlaku dalam bisnis, di mana melakukan analisis dan evaluasi yang terus-menerus terhadap proses dan kinerja operasional dapat membantu dalam mengidentifikasi area-area untuk perbaikan dan inovasi.
  4. Adaptasi dan Fleksibilitas: Dalam bola basket, tim harus mampu beradaptasi dengan cepat terhadap situasi yang berubah selama permainan. Hal ini juga berlaku dalam bisnis, di mana fleksibilitas dalam menghadapi perubahan lingkungan dan kebutuhan pasar dapat membantu dalam mencapai Operational Excellence.
  5. Leadership yang Efektif: Seorang pelatih bola basket adalah pemimpin tim yang tidak hanya menguasai taktik dan strategi permainan tetapi juga harus memiliki kemampuan untuk memotivasi, mengarahkan, dan mengkoordinasikan anggotanya. Demikian juga dalam bisnis, kepemimpinan yang efektif sangat penting dalam mencapai Operational Excellence. Pemimpin yang mampu menginspirasi, memberikan arahan yang jelas, dan mendukung perkembangan tim dapat membawa perusahaan menuju kesuksesan operasional yang lebih besar.
Baca juga  Mengenal 5 Right Approach, Pendekatan untuk Memilih Project secara Efektif

Excellent people, dengan mengambil pelajaran dari dunia bola basket, kita dapat mengaplikasikan prinsip-prinsip dan strategi yang sama ke dalam bisnis untuk mencapai Operational Excellence yang ditargetkan. Next kita bahas olahraga apalagi ya?

SHIFT Indonesia selain menyajikan artikel web juga menyajikan insight melalui majalah, unduh majalah terbaru disini ya https://bit.ly/SHIFTIndonesiaEdisi01