Perusahaan di seluruh dunia saat ini berupaya menghubungkan kesenjangan antara operasional dengan teknologi informasi. Hal tersebut yang melatari hadirnya Internet of Things (IoT) di sektor industrial. Menghubungkan mesin industrial dengan internet melalui teknologi cloud merupakan langkah besar dalam menyederhanakan proses bisnis, perwujudan konsep baru untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan.

GE dan Microsoft Corp berkolaborasi menyelaraskan dua teknologi berbasis internet dan bisnis industrial mencoba membuat terobosan menyederhnakan proses bisnis. Dua teknologi itu adalah Predix dari GE dan Azure milik Microsoft.

Predix merupakan software platform yang mendukung internet industrial yang memungkinkan perusahaan menciptakan dan menyebarkan aplikasi mereka sendiri, sesuai kecepatan dan skala masing-masing serta mampu mengelola kinerja aset yang lebih baik. Azure merupakan sistem operasi untuk cloud yang memungkinkan aplikasi bisa diperbesar atau diperkecil tergantung tuntutan bisnis, memudahkan pengembang mengasah kreativitas dengan model bayar sesuai penggunaan.

Kolaborasi dua teknologi berbasis internet dan bisnis industrial tersebut merupakan terobosan menarik Microsoft Corp dan GE untuk merampingkan proses bisnis. CEO GE Jeff Immelt, sebagaimana dikutip oleh sejumlah media massa, mengungkapkan bahwa pelanggan akan mendapat banyak manfaat dari kerjasama strategis dua perusahaan. Pelanggan mendapatkan manfaat intelligence, misalnya hasil analisis data atas aset-aset industrial, sekaligus memanfaatkan aplikasi enterprise cloud Microsoft.

Perusahaan-perusahaan di dunia saat ini melakukan transformasi digital, koneksi antarperangkat terjadi lebih dari 6,4 miliar dan terus meningkat menjadi 20 miliar pada 2020. Industri perlu menghubungkan mesin-mesin industrial dengan teknologi cloud untuk mendapatkan manfaat analisis data dari mesin dan sistem intelejen yang aman.

Kolaborasi dua platform tersebut berhasil menjawab kesenjangan antara operasional dan teknologi informasi, menghadirkan internet of things sektor industrial. IOT dan aplikasi industrial dalam hal ini Predix berhasil merampingkan proses bisnis, menyaring data yang muncul dari penggunaan mesin-mesin industrial sembari membangun sebuah ekosistem industri bersama mitra. Sementara melalui sistem operasi Azure memungkinkan internet industrial berkembang dalam skala global.

Baca juga  Lima Langkah Esensial Menjadi Profesional

Aplikasi industrial selanjutnya mendorong meningkatkan efisiensi digital, mempercepat kebutuhan pelayanan yang lebih tinggi. Pun, melalui penyelarasan dua platform tersebut akan mendorong perkembangan kapabilitas pelanggan. Sehingga para pelanggan mampu mempercepat transformasi di berbagai lini bisnis, mulai dari yang sederhana hingga yang tersulit.

Melalui jaringan teknologi cloud, para pengguna Predix tak perlu khawatir data akan tersebar luas. Aplikasi Predix on Azure tersedia secara komersial pada pertengahan 2017, sementara versi untuk para pengembang dirilis akhir 2016. GE dan Microsoft rencananya akan mengintegrasikan Predix dan Azure serta aplikasi Microsoft lainnya untuk menghubungkan data-data industri dengan proses dan analisis bisnis. []