andon cord

 Masalah di depan mata? Berhentilah dan perbaiki!

Satu hal mencolok yang membedakan Toyota Production System dengan sistem produksi lainnya adalah COMMON SENSE, yaitu memberikan wewenang kepada karyawan lapangan untuk menghentikan produksi jika mereka menemukan abnormalitas atau potensi masalah. Hal inilah yang menyelamatkan manufaktur mobil terbesar di Jepang tersebut dari cacat produksi dan berbagai waste yang menyertainya.

Salah satu tool yang digunakan Toyota dalam mengakomodir common sense tersebut adalah Andon Cord atau tali andon. Sesuai dengan namanya, tali andon adalah seutas tali yang berada dalam jangkauan operator pabrik, yang diatur sedemikian rupa sehingga, bila ditarik, lini produksi akan segera terhenti.

Tali inilah yang harus ditarik oleh karyawan jika mereka menemukan masalah dalam produksi yang akan mempengaruhi kualitas produk atau yang berkaitan keselamatan kerja. Begitu tali ditarik dan lini terhenti, perhatian semua orang terserap untuk menyelesaikan masalah. Lini-pun tidak akan berjalan kembali sebelum masalah teratasi dan lini terbebas dari ancaman defect dan scrap.

Menarik “Tali Andon Super Besar”

Masalah penarikan produk besar-besaran (recall) yang sempat melanda Toyota pada 2011 lalu sempat mengundang anekdot dari beberapa pihak. Mereka mengatakan bahwa Toyota tengah “menarik tali andon super besar” dengan melakukan recall. Walaupun kejadian ini sempat mempengaruhi reputasi perusahaan dan penjualan jangka-pendeknya, namun memperbaiki kesalahan tidak pernah menjadi sesuatu yang buruk, khususnya untuk masa depan bisnis.

Ketika menghadapi masalah ini, sangat jelas bahwa common sense yang mengalir dalam urat nadi Toyota turut berperan dalam masa pemulihan. Memperbaiki kesalahan jauh lebih baik daripada menghindarinya. Berikut beberapa tips jika perusahaan mengadapi masalah atau membuat kesalahan yang mempengaruhi pelanggan:

  • Hadapi kenyataan
  • Bicaralah/beri keterangan dengan lugas dan jelas
  • Perbaiki kesalahan
  • Berusaha menjadi lebih baik
  • Praktekkan akuntabilitas
  • Tunjukkan loyalitas
  • Berikan hasil perbaikan yang lebih baik daripada yang diharapkan.
Baca juga  Kesederhanaan Sekaligus Kekuatan Siklus PDCA yang Tersembunyi dan Jarang Disadari!

Jika diteruskan, daftarnya akan panjang. Intinya, kita bisa memetik banyak pelajaran dari kesalahan yang terjadi di berbagai industri. Orang akan memberikan apresiasi jika kita mau menengok ke belakang, memeriksa lini, dan memperbaiki kesalahan dengan segera begitu kita menemukannya. Setiap individu dan organisasi bisa “menarik tali andon” dan menghindari jebakan mediokritas yang, jika dilihat melalui prespektif yang tepat, terjadi untuk mendewasakan kita dan organisasi kita.

Tidak Ada Kata Terlambat

Kepercayaan yang datang dari niat dan usaha untuk memperbaiki kesalahan dengan segera dan mengambil tindakan perbaikan adalah alternatif yang jauh lebih baik, dibandingkan dengan kecurigaan yang akan muncul jika kita mencoba melarikan diri dan menyembunyikan masalah. Cepat atau lambat, masalah yang kita sembunyikan akan tercium oleh orang lain.

Memperbaiki masalah secepatnya adalah pilihan yang sangat tepat dan mendatangkan lebih banyak kebaikan bagi perusahaan. Idealnya, perusahaan harus mampu membangun budaya yang mendorong setiap orang untuk “mencari” masalah, menarik tali andon dan memperbaikinya.

Masalah dan kegagalan adalah potensi yang memungkinkan langkah besar menuju sukses. Makin cepat kita gagal, makin cepat kita menuai keberhasilan. Yang penting, jangan pernah ragu untuk menarik tali andon!***