Dalam artikel sebelumnya kita telah membahas tentang kepemimpinan hebat dari seorang Jack Welch, nah kali ini kita akan ulas tentang Jack Welch, GE, dan Six Sigma.

Ketika menjadi CEO GE, Welch membuat perubahan besar dalam cara bisnis beroperasi. Seperti dikatakan oleh sixsigmadaily, Welch mengambil banyak petunjuk bisnis dari orang Jepang dimana perbaikan proses berkelanjutan telah menjadi prinsip di sana, seperti penggunaan metodologi Lean dan Six Sigma.

Dalam bukunya, Welch mengatakan bahwa dia menginginkan perusahaan yang dipenuhi dengan wirausahawan percaya diri yang akan menghadapi kenyataan setiap hari. Untuk mewujudkannya, dia mulai melakukan perubahan manajerial seperti menghilangkan birokrasi yang tidak dibutuhkan, globalisasi bisnis perusahaan, dan masuk ke bidang keuangan.

GE mulai memanfaatkan Six Sigma di tahun 1995, dan setelah berhasil menerapkan metode peningkatan kualitas ini kemudian banyak perusahaan yang mulai mengikuti jejak GE menjadikan Six Sigma populer hingga saat ini. Setelah lima tahun menerapkan Six Sigma, GE melaporkan penghematan sebesar $12 miliar. Beberapa inisiatif Welch termasuk diantaranya adalah memberikan pelatihan Six Sigma bagi para manajer. Pelatihan ini menekankan pembelajaran metode DMAIC, yang mengharuskan para manajer menyelesaikan sebuah proyek. GE juga mendatangkan Master Black Belts untuk melatih karyawan kunci menjadi Black Belts.

Dalam sebuah wawancara, Welch menjelaskan tentang apa itu perusahaan Six Sigma. “Saya memahami perusahaan Six Sigma sebagai perusahaan yang manajemennya memahami bahwa variasi itu jahat, yang melayani pelanggan dengan apa yang mereka inginkan, ketika mereka menginginkannya,” kata Welch dikutip dari sixsigmadaily.

Dia mengatakan perusahaan yang menggunakan Six Sigma menempatkan kebutuhan pelanggan di atas segalanya, kemudian merampingkan layanan untuk memenuhi kebutuhan tersebut seefisien mungkin. Lebih lanjut, dengan Six Sigma semua yang dilakukan di internal organisasi akan selalu mengarah pada – bagaimana hal tersebut akan berdampak pada pelanggan. Welch juga mengatakan pemahaman tentang Six Sigma dibutuhkan secara luas dan mendalam di organisasi.

Baca juga  Kunci Keberhasilan Proses Transfer Knowledge

Kecuali tentang Six Sigma, Welch mungkin menjadi sosok kontroversial bagi sebagian orang. Tetapi kesuksesannya tidak bisa diperdebatkan lagi, setuju?