Grab menghadirkan GrabChat, fitur terbaru otomatis dapat digunakan pada aplikasi Grab Driver. Fitur baru menggunakan paket data internet sehingga mampu menghemat biaya pulsa handphone mitra pengemudi dan penumpang. GrabChat merupakan platform berkirim pesan, mirip chatting, namun lebih aman dan privat.

Selain mampu menghemat biaya, fitur baru ojek online itu memiliki sejumlah keunggulan, misalnya mampu mendukung komunikasi tanpa hambatan, misalnya, saat seorang Driver melakukan penjemputan penumpang. GrabChat bertujuan meminimalisir perhatian Driver dari smartphone saat mengemudi melalui fitur pesar cepat sekali-sentuh. Selama ini cedera akibat kecelakaan waktu mengemudi, salah satunya disebabkan pengalihan perhatian smartphone.

Kelebihan lain fitur baru Grab, riwayat pembicaraan langsung hilang setelah perjalanan selesai. Privasi penumpang lebih terjaga. Grab terus melakukan inovasi meningkatkan layanan. GrabChat dihadirkan untuk seluruh pengguna Android dan iOS secara bertahap.

GrabChat telah diujicobakan kepada 50 ribu pengguna di seluruh Asia Tenggara. Pengguna GrabChat telah menghemat 85 ribu SMS para mitra pengemudi dan 45 ribu SMS penumpang hanya dalam waktu satu minggu. “Proses penjemputan penumpang oleh para pengemudi akan lebih mulus tanpa menghabiskan pulsa,” aku Hooi Ling Tan, Co-Founder Grab.

Selama ini pengemudi mengandalkan panggilan telepon dan SMS sebelum menjemput dan menemukan penumpangnya. Mengabarkan waktu kedatangan atau menginformasikan kedatangan di lokasi penjemputan nampaknya telah banyak menghabiskan pulsa dan biaya. Grab terus melakukan perbaikan dan pembaruan fitur misalnya auto translation untuk pesan dalam bahasa Inggris, Melayu, Indonesia, Mandarin, Thai dan Vietnam.

Pembaruan juga dilakukan untuk pesan lokasi dan multimedia berdasarkan penilaian atas kenyamanan pengguna, untuk berbagi, mengirimkan dari lokasi untuk proses penjemputan yang lebih cepat. Selain digunakan pada layanan GrabCar dan GrabTaxi, Nantinya GrabChat digunakan lebih luas untuk berbagai layanan seperti GrabBike, GribHitch, GrabExpress dan GrabFood. Grab memiliki produk roadmap yang dikembangkan untuk meluncurkan fitur-fitur baru, fungsi-fungsi hyperlocal, mempermudah komunikasi untuk penumpang local dan wisatawan asing kepada para mitra pengemudi. []

Baca juga  Lebih Cepat dari Target, BSI Resmi Masuk Jajaran Top 10 Global Islamic Bank