Banyak yang mengatakan I hate Monday padahal Senin adalah hari yang baik untuk meningkatkan leadership skills yang dimiliki. Di mana Anda bisa memulai minggu baru sebagai awalan yang baru, untuk menjadwalkan dan mengatur ulang aktivitas ke depan yang akan meningkatkan kemampuan kepemimpinan Anda dengan mantap dan konsisten.

Well, selamat hari Senin! Mari lakukan empat hal berikut ini:

1. Tinjau kembali visi dan tujuan Anda

Pemimpin terbaik pun bisa sangat sibuk dengan pekerjaan sehari-hari sehingga tak sadar mereka sedikit melenceng dari fokus utama. Ambil 15 menit pertama di Senin pagi Anda meninjau kembali dokumen strategis Anda. Ingatkan diri Anda dan tim Anda, mengapa Anda melakukan apa yang Anda lakukan. Komunikasikan gambaran yang jelas kepada mereka.

2. Tetapkan satu goal untuk satu minggu ke depan

Tentu saja selalu ada proyek untuk dilakukan, kekacauan untuk dirapikan, dan kesibukan pekerjaan sehari-hari yang harus diselesaikan. Tapi tim Anda butuh bukti pencapaian yang nyata. Karena itu, pilihlah satu proyek yang dapat ditangani dan bisa selesai Jumat nanti.
Pastikan goal ini cukup besar untuk kemajuan tim, namun jangan terlalu memberatkan dan membuat pekerjaan lainnya jadi terlantar. Bantu tim Anda untuk fokus mulai hari Senin dan sampaikan kebanggaan Anda saat mereka menyelesaikannya di hari Jumat. Dengan cara ini, tim Anda akan merasa berdaya dan percaya diri.

3. Fokus pada satu kelemahan Anda

Tidak hanya mencapai satu target yang berarti dalam satu minggu, Anda juga dapat menetapkan satu kelemahan Anda untuk dieliminasi selama satu minggu ke depan. Ambil 20 menit untuk membuat daftar apa yang kira-kira menjadi kelemahan Anda selama ini. Misalnya, memperbaiki tempramen Anda atau kecepatan Anda dalam memberikan umpan balik pada tim. Pilih salah satu dari daftar kelemahan tersebut, untuk diperbaiki selama satu minggu. Anda dapat mengukur peningkatannya. Jika kesulitan mengidentifikasi kelemahan, Anda bisa meminta pendapat kolega atau mentor Anda. Tak ada manusia yang sempurna. Pemimpin terbaik pun pasti membutuhkan perbaikan.

Baca juga  Mengenal 5 Right Approach, Pendekatan untuk Memilih Project secara Efektif

4. Jadwalkan dua makan siang bersama anggota tim

Ada baiknya Anda makan siang bersama tim satu atau dua kali dalam seminggu. Ciptakan percakapan ringan dan hangat, tunjukkan Anda memiliki ketertarikan pada anggota tim Anda secara personal. Dalam suasanya santai, Anda bisa mendapatkan insight yang Anda butuhkan dari anggota tim Anda dan sesuatu yang baru untuk langkah penting Anda selanjutnya.