Secara sederhana, program pilot adalah sebuah uji coba, versi skala kecil dari proyek anda yang lebih besar. Sebuah program pilot ini merupakan langkah penting yang dapat membantu anda menangkap potensi timbulnya masalah dan mencegah masalah tersebut menjadi lebih besar serta membantu anda mencapai tujuan.

Sehingga inilah beberapa alasan mengapa program pilot penting dilakukan sebelum anda memulai proyek dengan skala besar:

1. Program pilot akan membantu mengonfirmasi apakah anda siap untuk skala proyek yang lebih besar

Sebuah program pilot yang juga berfungsi sebagai uji coba dalam proyek anda dapat membantu menentukan apakah diperlukan penyesuaian untuk rencana proyek yang lebih besar. Program pilot juga dapat mengidentifikasi tantangan yang tak terduga yang mungkin timbul selama pelaksanaan, seperti permasalahan pada pengaturan, logistik, kegiatan tertentu yang berhubungan dengan pelatihan staf, dan lain-lainnya, sehingga dapat memastikan bahwa staf anda sudah dipersiapkan dengan baik untuk menyelesaikan isu-isu yang ada dalam skala proyek yang lebih besar.

2. Program pilot adalah kesempatan untuk mengukur reaksi dari target populasi pada proyek besar anda

Cara terbaik adalah dengan memilih kelompok uji coba yang secara demografis mirip dengan target populasi anda dari program tertentu atau disebut juga kelompok intervensi. Umpan balik dari proyek awal ini dapat memberikan gambaran singkat bagaimana kelompok intervensi merespon proyek besar anda nanti. Yang paling penting adalah dapat membantu mengonfirmasi apakah program anda sudah cocok dengan target populasi atau belum. Dan apakah bisa beradaptasi dengan program besar yang akan anda kerjakan.

3. Program pilot dapat membantu anda membuat keputusan yang lebih baik tentang bagaimana mengalokasikan waktu dan sumber daya

Baca juga  Speak at OPEXCON 2024, Your Insights on Operational Excellence Needed!

Sebuah uji coba pada proyek kecil yang anda lakukan dapat membantu anda mengetahui apakah anda perlu untuk menghabiskan lebih banyak waktu atau sumber daya pada aspek-aspek tertentu di program ini. Misalnya, anda bisa belajar bahwa perubahan strategi perekrutan yang diperlukan atau anda perlu mengalokasikan lebih banyak waktu untuk menyelesaikan kegiatan evaluasi.

4. Program Pilot dapat membantu memastikan bahwa anda sudah dipersiapkan dengan baik untuk mengukur keberhasilan

Sebuah program pilot dapat menyoroti penyesuaian untuk rencana evaluasi anda yang mungkin diperlukan untuk memastikan bahwa anda sudah mengukur hasil yang diinginkan dengan cara sebaik mungkin. Program pilot juga akan menjadi kesempatan untuk menguji indikator evaluasi, yang membuat tim evaluasi dan tim pelaksana mendapatkan kesempatan bekerja sama sebelum proyek dalam skala besar dijalankan dan memecahkan masalah logistik yang timbul dengan distribusi dan dengan pengumpulan data dari hasil evaluasi tim.***RR/RW