Lebaran tahun ini diprediksi akan ada sekitar 30 juta penduduk yang mudik. Hal inilah yang disampaikan Bambang Susantono, Wakil Menteri Perhubungan di sela kunjungan kerja delegasi pimpinan MPR, Menteri BUMN, Menteri Perhubungan, dan Menteri Perindustrian di PT Industri Kereta Api (INKA) di Madiun 17 Juni lalu, seperti dikutip Tempo.co.

Mayoritas di antara mereka akan pulang ke kampung halaman dari daerah perantauan dengan menggunakan sarana tranportasi darat dan laut.

Dalam perjalanan, pemudik akan dihadapkan pada kemacetan, keramaian, jalan yang rusak, bahkan mungkin juga resiko kecelakaan. Kurangnya infrastruktur di Indonesia telah membuat perjalanan sehari-hari susah, terlebih saat musim mudik.

Jika anda termasuk dalam 30 juta penduduk yang akan pulang ke kampung halaman, guna membantu anda di perjalanan, berikut lima aplikasi smartphone yang direkomedasikan The Wall Street Journal.

1. Lewat mana

Aplikasi streaming ini merupakan aplikasi live yang memberikaninformasi terbaru lalu lintas di Jakarta dan kota-kota satelitnya – Bekasi, Depok, Tangerang, Bogor – serta Surabaya dan Bandung. Selain itu, anda juga bisa mengakses app untuk melihat lalu lintas di jalur Pantai Utara (Pantura) dan Pantai Selatan melalui kamera CCTV yang memonitor dua jalan utama di Jawa tersebut. Jika anda tidak ingin terjebak kemacetan, lewat fitur driving mode, anda dapat melihat peta lokasi mereka yang disajikan secara real time. Lewatmana tersedia gratis bagi Blackberry, iOS, Nokia, Asha, Windows Phone, Android, dan sebagai aplikasi web di lewatmana.com.

2. PadiTrain

Aplikasi ini bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia dalam menawarkan layanan pemesanan tiket dan jadwal kereta api secara real time. Anda dapat memeriksa penundaan kedatangan kereta dan memilih tempat duduk saat memesan tiket. PadiTrain menerima pembayaran via kartu kredit, e-banking, m-banking, SMS banking, atau transfer ATM. App ramah pengguna ini tersedia untuk Android, Windows Phone, Blackberry, dan peranti iOS

3. Indonesia Flight

Baca juga  Bagaimana TPM Bisa Berkontribusi pada Keselamatan Kerja?

Aplikasi ini dikembangkan oleh Tiket.com, situs pemesanan hotel, pesawat, dan kebutuhan tiket lainnya dari Indonesia. Indonesia Flight menyediakan ketersediaan tiket pesawat real time  dan memungkinkan pengguna membayar lewat e-banking, kartu kredit, atau ATM. Anda juga dapat mencari penerbangan domestik dari sembilan maskapai – Lion Air, Sriwijaya, AirAsia, Citilink, Batik Air, Wings Air, Malindo Air, Tigerair, dan Express Air. Selain itu, anda dapat membandingkan tarif dan memesan tiket langsung via app, yang tersedia untuk Android, iOS, dan Blackberry ini. Satu kekurangannya, Indonesia Flight tidak mencakup maskapai terbesar Indonesia, Garuda Indonesia.

4. Darisini

Setelah berbulan-bulan atau setahun anda tidak pulang ke kampung halaman, banyak pemudik yang mungkin mendapati kotanya berubah dan tak tahu mau pergi lewatmana. Jangan cemas, ada aplikasi untuk itu. Anda dapat memilih dari berbagai kategori, seperti makanan, minuman, belanja, layanan medis, dan banyak lagi untuk mengetahui tempat terdekat lokasi mereka. App ini juga menawarkan informasi transportasi umum, daftar rute, jadwal kedatangan kereta komuter, dan rute bus. Tersedia juga fitur cantik, bagi anda yang kesulitan membaca peta, yaitu peta augmented reality. Namun sayangnya, app ini hanya tersedia untuk peranti iOS.

5. Ibadah

Saat bepergian, umat Muslim yang berpuasa mungkin tidak tahu kapan waktu salat di kota baru atau arah kiblatnya. Ini saatnya anda menggunakan Ibadah. Aplikasi ini menyajikan waktu salat dan imsak di seluruh dunia, pengingat salat, penunjuk arah kiblat, dan penggiat Tadarus, yang menujukkan berapa ayat yang harus dibaca agar khatam. Seperti Darisini, Ibadah juga hanya tersedia untuk peranti iOS.

Selamat mudik dan berkumpul bersama keluarga tersayang. Tetap selalu hati-hati di jalan.