Persaingan pasar yang sebelumnya dikendalikan oleh pemain lama dengan satu merk yang dominan sepertinya sudah tidak sekuat dulu. Pemilik merk harus mulai memikirkan keberadaan pemain baru yang mulai melakukan ekspansi ke pasar menawarkan varian produk mereka.

Melihat ke belakang sebelumnya Indofood dengan merk dagang Indomie, adalah satu-satunya market leader di bisnis mie instant. Dengan harga yang terjangkau dan persebaran yang cukup luas menjadikan Indomie sebagai pioneer. Namun melihat kondisi pasar saat ini, kita harus mengakui bahwa banyak muncul pemain lokal dengan bermacam merk dan varian produk yang ikut meramaikan pasar. Munculnya merk dagang Mie Sedaap beberapa waktu lalu cukup menyita perhatian konsumen.

Mungkin Indofood juga tidak mengira saat ini akan ada gempuran yang cukup kuat dari pemain lokal. Perubahan yang sangat dinamis tentunya. Menyikapi hal tersebut, Indofood mulai memperbanyak varian rasa untuk menambah produk Indomie dan meningkatkan penjualan. Kalau Indofood mengabaikan begitu saja kehadiran merk-merk tersebut, bisa saja beberapa waktu ke depan mereka akan kehilangan konsumen.

[cpm_adm id=”11945″ show_desc=”no” size=”medium” align=”left”]

Melakukan pengembangan produk adalah pilihan yang tepat sebagai strategi penetrasi pasar. Pengembangan produk dilakukan dengan melakukan modifikasi produk. Munculnya merk dan varian baru di pasar, akan memberikan pilihan yang lebih luas dan terbuka bagi konsumen. Kepercayaan konsumen terhadap merk tidak selalu menjadikan pelanggan tidak mencoba varian produk baru yang tersedia di pasar. Kita harus mengenal kebutuhan dan ketertarikan konsumen yang berubah dari masa ke masa tanpa mengurangi kualitas produk sebagai value kita.

Tidak semua produk baru bisa diterima oleh konsumen, meskipun produk tersebut memiliki merk dagang yang kuat. Sehingga diperlukan pedoman strategi yang tepat dalam melakukan pengembangan. Pedoman yang harus dilakukan oleh perusahaan dalam melakukan pengembangan produk diantaranya adalah sebagai berikut:
Lakukan riset atau penelitian untuk mendukung pengembangan
Tawarkan produk dengan kualitas lebih baik dari harga yang bersaing
Ciptakan diferensia sebagai identitas produk
Tentukan segmen produk dan strategi harga untuk meminimalisir risiko penolakan pasar
Pilih strategi peluncuran yang sesuai positioning produk

Baca juga  Pengalaman Berharga Mengikuti OPEXCON Project Competition