SHIFT SSCX Metrik Persediaan

Metrik efisiensi atau rasio, atau sering disebut juga rasio aktivitas adalah jenis rasio keuangan. Pihak manajemen, analis keuangan, dan komunitas investasi mengavaluasi rasio keuangan ketika mencoba untuk mengevaluasi kondisi keuangan perusahaan secara keseluruhan.

Rasio dapat dinyatakan dengan nilai desimal, seperti 0,10 atau diberikan sebagai nilai persen yang setara, seperti 10%. Beberapa rasio biasanya dikutip sebagai persentase, terutama rasio yang biasanya selalu kurang dari 1 (< 1), sementara yang lain biasanya dikutip dengan angka desimal, terutama rasio yang biasanya lebih dari 1 (> 1). Rasio efisiensi persediaan digunakan untuk mengukur seberapa efektif penggunaan bisnis sumber daya persediaan dibandingkan dengan pesaing atau kompetitor.

Persediaan Efisiensi

Sangat penting bagi organisasi untuk mendapat keseimbangan yang tepat pada tingkat persediaan mereka. Jika tingkat persediaan terlalu rendah, perusahaan akan risiko kehilangan pada penjualan dan tidak bisa memenuhi permintaan pelanggan. Hal ini dapat menyebabkan pelanggan untuk memberikan bisnis mereka ke perusahaan pesaing. Ketika ada kelebihan persediaan, perusahaan dapat memiliki biaya operasi yang lebih tinggi karena kebutuhan penyimpanan persediaan yang lebih besar, yang akan mengurangi keuntungan. Selain itu, kelebihan persediaan meningkatkan risiko kerugian akibat penurunan harga atau persediaan usang.

Jenis Metrik Efisiensi (Rasio)

Perputaran Persediaan Rasio = Harga Pokok Penjualan / Rata-rata Persediaan (untuk menghitung rata-rata persediaan, menambahkan saldo awal dan persediaan akhir dan dibagi dua).

Rasio perputaran persediaan adalah ukuran berapa kali persediaan dijual atau digunakan dalam jangka waktu, seperti setahun. Tingkat turnover yang rendah mungkin menunjukkan kelebihan stok, usang, atau kekurangan dalam upaya lini produk atau pemasaran. Tingkat turnover yang tinggi dapat menunjukkan tingkat persediaan yang tidak memadai, yang dapat menyebabkan kerugian dalam bisnis sebagai persediaan yang terlalu rendah.

Baca juga  3 Jenis Nilai dalam Analisis Proses Bisnis

Konversi persediaan Rasio = 365 hari / perputaran persediaan

Rasio konversi persediaan adalah ukuran jumlah hari dalam setahun untuk menjual persediaan atau mengubahnya menjadi uang tunai.***