Grup asal Korea Selatan BTS, atau Bangtan Sonyeondan, telah berhasil menarik hati jutaan penggemar di seluruh dunia sejak debut mereka pada Juni 2013 lalu. Grup yang beranggotan RM, Jin, SUGA, j-hope, Jimin, V, dan Jung Kook ini telah menjadi “21st century Pop Icons” yang memecahkan berbagai rekor dunia. 

Sebagai grup musik global yang sukses, BTS memberi inspirasi tidak hanya untuk penggemarnya, tapi juga memberi pelajaran yang dapat diaplikasikan dalam konteks berinovasi ya excellent people. Dari kesuksesan mereka kita bisa banyak belajar tentang banyak hal menjadi inovatif untuk bisa lebih sukses di masa mendatang. Apa saja? kita bahas langsung di artikel ini ya.

1. Teamwork

BTS terkenal tidak hanya karena musiknya, tapi juga penampilan luar biasa dan keunikan tersendiri saat berinteraksi dengan penggemar. Mereka terus menciptakan nilai yang kuat dan terus berinovasi untuk mencapai ketenaran global. Hal ini sangat mungkin karena mereka sebagai grup mampu bekerjasama dengan baik. BTS menginspirasi kita semua bahwa kerjasama tim adalah kunci untuk sebuah kesuksesan. Tim yang kuat akan bekerja efektif dalam mengembangkan solusi hingga penyelesaian masalah.  

2. Memiliki Keunikan Tersendiri (value)

BTS sukses puncaki tangga lagu global, mereka berhasil menggabungkan berbagai genre musik, termasuk K-pop, hip-hop, R&B, juga elemen-elemen musik tradisional Korea. Suara yang unik dari setiap anggota pun menjadi daya tarik sendiri para pendengar dari berbagai latar belakang dan usia. Tidak hanya itu, BTS juga memberikan pesan-pesan positif dan bermakna melalui lirik mereka, membuat musik mereka lebih relevan dan memiliki daya tarik global.

3. Engagement yang Kuat

BTS memanfaatkan media sosial untuk terhubung langsung dengan penggemar mereka. Interaksi yang diciptakan melalui platform mampu membangun kedekatan dan keterlibatan mereka dengan para penggemar. Ini mengajarkan kita untuk terus hadir dan terhubung dengan pelanggan kita.

Baca juga  Tips Menjadi Lebih Baik dan Excellent dalam Bisnis

4. Inovatif dan Kreatif

BTS tidak hanya berfokus pada musik, mereka juga aktif terlibat di berbagai jenis konten seperti reality show, vlog, dan dokumenter tentang keseharian dan proses kreatif mereka. Para anggota BTS juga berpartisipasi dan terlibat langsung dalam penulisan lirik, pembuatan musik, dan konsep artistik. Ini menjadikan karya mereka memiliki nilai otentik dan dihargai para penggemar. Tidak hanya itu, BTS juga terus berusaha memberikan experience atau pengalaman baru yang tidak terlupakan untuk para pendengar melalui pertunjukan panggung yang spektakuler dan koreografi yang menarik.

5. Kolaborasi Global

BTS terlibat dalam kolaborasi dengan banyak seniman dan produser global. Hal ini berhasil memperkuat citra internasional mereka. Bintang yang pernah berkolaborasi dengan BTS diantaranya Steve Aoki, Halsey, Lauv, dan Coldplay. Yes! Kolaborasi adalah hal penting di era saat ini, dalam bisnis kolaborasi membantu menciptakan jaringan yang kuat dan saling mendukung. Koneksi yang terjalin melalui kerjasama dapat membuka pintu untuk peluang baru, baik itu dalam hal pengembangan produk, pemasaran, atau ekspansi bisnis ke wilayah baru.

Nah itu tadi hal-hal yang bisa kita pelajari dari boygroup besutan HYBE LABELS (sebelumnya Bighit Entertainment). Sebagai seorang inovator, kita bisa belajar banyak dari grup yang saat ini sedang hiatus atau menghentikan sementara aktivitas grupnya karena tujuh anggotanya sedang melaksanakan wajib militer utamanya terkait kemampuan inovasi dan penciptaan nilai yang kuat, untuk membawa bisnis kita sukses di industri dan bersaing kuat di pasar global. Semoga menginspirasi ya.