Pemerintah terus mengintensifkan guliran vaksinasi Covid-19 untuk dapat mencapai kekebalan komunal atau herd immunity. Presiden pun meminta adanya percepatan pelaksanaan vaksinasi terutama di daerah dengan tingkat interaksi dan mobilitas masyarakat yang tinggi.

“Kita ingin ada percepatan-percepatan di tempat-tempat yang interaksinya tinggi, yang mobilitasnya tinggi, baik itu stasiun kereta, terminal bus, airport, dan juga pelabuhan, karena di situlah kalau tidak kita segerakan akan terjadi penyebaran,” ujar Presiden Joko Widodo usai peninjauan vaksinasi Covid-19 bagi pengguna jasa Kereta Rel Listrik (KRL) Commuterline di Stasiun Bogor, Kota Bogor (17/6).

Dengan percepatan vaksinasi yang dilakukan oleh pemerintah beserta seluruh jajarannya berpotensi menghambat penyebaran Covid-19. Karena, mampu membuat kekebalan kelompok atau herd immunity di masyarakat. Kini pemerintah tengah agresif melakukan vaksinasi pada ratusan ribu orang dalam satu hari. Pada Juli 2021, jumlah vaksinasi yang akan dilakukan dapat mencapai sebanyak 1 juta orang. 

Kepala Negara berharap, seluruh pihak terkait di Kabupaten Bogor dapat terus meningkatkan vaksinasi yang dilakukan dalam beberapa waktu ke depan. Sehingga, target mencapai kekebalan kelompok dapat diwujudkan pada Agustus 2021. “Program vaksinasi ini secepatnya target kita capai,  paling tidak di kabupaten Bogor bulan Agustus itu sudah tercapai kekebalan komunal,” kata Presiden.

Baca juga  Pertamina Kembangkan SPKLU Fast Charging di Soetta