Excellent people, hari ini kita memperingati Hari Lahir Pancasila. Pancasila adalah dasar negara dan ideologi nasional Indonesia yang secara diresmikan pada tanggal 1 Juni 1945. Pancasila terdiri dari dua kata dalam bahasa Sanskerta, yaitu “panca” yang berarti lima, dan “sila” yang berarti prinsip atau asas. Jadi, secara harfiah, Pancasila berarti “lima prinsip”. Prinsip-prinsip tersebut adalah:

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa: Prinsip ini menyatakan bahwa bangsa Indonesia percaya dan taat kepada Tuhan Yang Maha Esa, dengan mengakui keberadaan Tuhan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Meskipun Indonesia mengakui keberagaman agama, prinsip ini menekankan pentingnya pengakuan akan Tuhan dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab: Prinsip ini menekankan pentingnya menghargai martabat dan hak asasi manusia. Setiap orang memiliki hak yang sama dalam kehidupan bermasyarakat dan negara, tanpa diskriminasi.
  3. Persatuan Indonesia: Prinsip ini menggarisbawahi pentingnya kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia, dengan menghargai keragaman suku, agama, ras, dan golongan. Hal ini mencerminkan semangat Bhinneka Tunggal Ika (berbeda-beda tetapi tetap satu) yang menjadi semboyan negara Indonesia.
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan: Prinsip ini menegaskan bahwa kekuasaan berada di tangan rakyat, yang diwujudkan melalui sistem demokrasi yang berdasarkan musyawarah untuk mencapai mufakat. Pemimpin negara bertanggung jawab untuk mengambil keputusan yang bijaksana dan mewakili kehendak rakyat.
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia: Prinsip ini mengusung prinsip keadilan sosial, di mana negara berusaha menciptakan kesejahteraan dan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia, mengurangi kesenjangan sosial dan ekonomi antara individu dan kelompok masyarakat.

Hari ini adalah kesempatan untuk kita merefleksikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, mempromosikan persatuan, toleransi, keadilan, dan keberagaman di Indonesia. Salam Pancasila!

Baca juga  SHIFT Indonesia, Your Operational Excellence Guide