Jika Anda merasa ingin atau perlu melakukan perubahan, pusatkan tujuan Anda di awal tahun 2023 pada tindakan memajukan diri Anda.

Penting untuk diketahui, prinsip penetapan tujuan menjadi langkah awal membuat perubahan, ini berlaku untuk semua perubahan besar yang ingin Anda capai di masa depan baik itu sebagai individu maupun bagian dari organisasi. Dorongan untuk meneliti kemudian menentukan tindakan yang perlu diambil untuk bergerak semakin dekat dengan tujuan adalah langkah awal dari penciptaan resolusi (tahun baru, misalnya).

Ya! Resolusi, banyak yang membuatnya secara khusus dan mendetail namun juga tidak sedikit yang melewatkannya. Terlepas dari itu, kami ingin sampaikan fakta menarik tentang kesamaan prinsip dasar antara resolusi tahun baru dengan continuous improvement. Prinsip yang sejalan itu adalah tentang ‘melihat apa yang sudah terjadi dan berusaha menjadi yang lebih baik di masa depan’ atau singkatnya perbaikan untuk mencapai impian (goal).

Lebih lanjut, tingkat kesuksesan perbaikan ini berbanding lurus dengan kesadaran akan pentingnya inisiatif perubahan yang datangnya dari diri kita sendiri. Prinsipnya, semakin tinggi kesadaran maka semakin tinggi motivasi yang kita miliki untuk mempelajari bagaimana cara mencapai perubahan yang diinginkan sehingga bisa mulus melewati fase transisi.

Fase transisi adalah fase yang akan membawa Anda pada sisi lain perubahan. Tantangannya, fase transisi ini bisa sangat singkat namun juga bisa sangat panjang, dan sebelum melakukannya kita tidak tahu pasti kapan bisa menyelesaikannya. Namun satu hal yang pasti dengan memiliki tujuan yang konkret dan berorientasi pada tindakan, kemajuan bisa kita dapatkan bahkan disetiap minggunya

Dan satu hal lagi yang harus kita jaga adalah konsistensi. Semua tindakan yang searah dengan visi yang akan kita capai harus kita apresiasi dan jika ada yang belum sesuai harus segera kita perbaiki. Hal ini juga sangat penting sebab tindakan konsisten ini akan membentuk kebiasaan baru penuh motivasi sehingga perubahan yang diinginkan bisa permanen.

Sederhana, bukan? Namun mengapa kebanyakan orang dan juga organisasi yang menginginkan perubahan mengalami kesulitan untuk berubah? Sebelum kami yang menjawabnya, mari kita jujur dengan diri kita.

Baca juga  Webinar OPEXCON, Tips Membuat Laporan Proyek Improvement

Akhir kata, selamat tahun baru excellent people. Semoga di tahun yang baru ini kita bisa menjadi lebih baik dan menjadi lebih inovatif untuk menggapai semua asa dan cita-cita. Salam improvement!

DAPATKAN MAJALAH SHIFT TERBARU DI https://bit.ly/SHIFTIndonesia04