Sumber Photo: CNN.com
Sumber Photo: CNN.com

Penciptaan alat-alat canggih untuk mendukung kemudahan dan kenyamanan dalam melakukan pekerjaan di lini produksi, terus dilakukan. Setelah, sebelumnya ada exoskeleton ‘kostum robot’ yang jika dipakai akan memberikan kekuatan super layaknya superhero kepada si pemakainya.

Inovasi terbaru yang satu ini pun tidak jauh dari ‘kostum robot’ exoskeleton. Bedanya, si pemakai bisa menggunakan alat ini sebagai kursi portable yang bisa digunakan kapan dan dimana saja diinginkan.

Seperti dikutip CNN.com, co-inventor dari kursi tak tampak ini, Keith Guruna mengatakan bahwa ide ini datang dari keinginan untuk duduk dimana dan kapan saja diinginkan saat melakukan pekerjaan di pabrik.

“Ide kursi tak tampak (invisible chair) ini datang dari keinginan untuk bisa duduk di mana saja saat saya melakukan pekerjaan di pabrik kemasan di Inggris waktu saya berumur 17 tahun,” kata pria 29 tahun itu yang juga menjadi CEO dan pendiri noonee startup company yang berbasis di Zurich. “Berdiri selama berjam-jam membuat saya sulit melakukan pekerjaan, dan sebagian pekerja juga jarang mendapatkan waktu istirahat yang cukup karena kursi jarang tersedia. Jadi, saya pikir ide terbaik adalah bagaimana bisa membuat kursi itu selalu ada saat saya butuhkan,” lanjutnya.

The chairless chair memang dirancang untuk tidak menyentuh tanah/lantai, sehingga inilah yang membuatnya mudah digunakan. Selain karena alasan kemudahan, kursi tak tampak ini juga diciptakan untuk alasan kenyamanan dan kesehatan para pekerja di pabrik saat melakukan pekerjaannya.

“Selain bisa mengistirahatkan otot kaki, kursi ini juga membuat postur tubuh lebih optimal, membuat punggung anda lurus dan mencegah terjadinya cedera otot,” ungkap co-founder noonee, Bryan Anastisiades.

Sementara itu, meskipun banyak kasus kesehatan yang timbul karena terlalu lamanya waktu duduk yang menyebabkan pendeknya harapan hidup namun, berdiri terlalu lama dalam melakukan pekerjaan, juga menjadi sumber lain masalah kesehatan.

Baca juga  Alur Kompetisi OPEXCON Project Competition 2024

Menurut Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat, kondisi yang disebut gangguan Musculoskeletal (MSDS) telah menyumbang sebanyak 33 persen sebagai penyebab pekerja tidak bekerja karena mengalami cedera ini.

Sedangkan di Eropa, lebih dari 40 juta pekerja mengalami MSDS yang disebabkan oleh aktivitas pekerjaan yang mereka lakukan.

Sehingga kursi tak tampak ini menjadi pendekatan inovatif untuk menyelesaikan masalah tersebut. Kursi tak tampak ini dibuat dari aluminium ringan yang hanya berbobot 2 kilogram, jadi tidak membebani pemakainya.

Kabarnya saat ini, kursi tak tampak buah ide dari Keith Gurana ini telah menarik minat perusahaan mobil asal Jerman, BMW, untuk dilakukan uji coba di lini produksi mereka.***