Apapun bidang bisnis Anda, kepuasan pelanggan adalah segalanya. Tanpa pelanggan, bisnis tak akan berjalan. Itulah sebabnya penting bagi seorang pemilik bisnis untuk meningkatkan pengalaman layanan pelanggan di setiap kesempatan, dan memastikan orang kembali menikmati layanan dan produk Anda.

Bagaimana cara untuk mendapat banyak review yang fantastis dari pelanggan Anda? Baca tips kami untuk menciptakan “happy customers”.

1. Latih Karyawan Anda

Tahukah Anda bahwa seringkali alasan yang membuat pelanggan enggan kembali justru adalah staf Anda sendiri? Mungkin kurang sopan, tidak banyak membantu, atau kurang menguasai informasi produk atau perusahaan. Penting untuk memastikan bahwa setiap anggota tim menerima pelatihan layanan pelanggan, sehingga mereka dapat belajar bagaimana mendekati situasi yang berbeda.

Kebahagiaan staf berarti kebahagiaan pelanggan, sehingga kita harus memastikan mereka menjaga profesionalisme mereka setiap hari. Sebagai contoh Anda pemilik sebuah restoran atau bar. Masalah kecil bisa menjadi masalah besar, misalnya, kurangnya es mungkin tidak tampak sebagai masalah bagi staf Anda, tetapi saat pelanggan mengharapkan menerima minuman dingin dan karyawan Anda tidak menambah es, mereka akan mengingat restoran Anda sebagai tempat yang menyajikan minuman hangat untuk pelanggan mereka, sehingga akan mengunjungi pesaing sebaliknya.

2. Buat Penawaran Gratis

Semua orang suka menerima sesuatu yang gratis. Menyediakan sesuatu yang gratis dapat membuat mereka menjadi pelanggan loyal di masa datang. Anggaplah pemberian sesuatu cuma-cuma adalah investasi. Memberikan minuman gratis pada ulang tahun seseorang ,atau membuat gimmick yang menawarkan pelanggan mendapatkan kesempatan untuk memenangkan makanan gratis, mensaap tidak?

3. Atasi Masalah Sebelum Terjadi

Kunci layanan pelanggan yang luar biasa adalah tetap selangkah lebih maju dari pelanggan. Artinya, Anda dan tim harus berusaha untuk menemukan masalah sebelum pelanggan memberitahu Anda.

Contoh sederhana, saat seorang tamu hotel Anda telah memesan dua kamar, bukan satu. Anda bisa memastikan terlebih dahulu apakah ini sebuah kesalahan, dan kemudian Anda bisa melakukan pembatalan pemesanan apabila diperlukan dan tidak ada pembebanan biaya.
Selain mereka akan menghargai perhatian Anda terhadap detail tersebut, Anda telah mencegah terjadinya maalah sebelum terjadi.

Baca juga  Pengalaman Berharga Mengikuti OPEXCON Project Competition

4. Menyediakan Layanan yang Terjangkau

Cara tercepat untuk membuat pelanggan Anda berpaling kepada kompetitor Anda adalah dengan membuat patokan harga yang tinggi. Oleh karena itu, janganlah memberikan layanan dan harga yang tidak layak. Semakin terjangkaunya layanan, semakin banyak pelanggan yang akan menggunakan, sehingga Anda bisa mendapatkan omset yang lebih tinggi dari yang Anda harapkan jika Anda menurunkan harga suatu produk atau jasa. Jadi, jika Anda sedang mencari cara untuk meningkatkan kepuasan pelanggan bila memungkinkan, Anda harus memberikan layanan yang lebih terjangkau dari segi harga.

Masih ada banyak cara untuk menciptakan “happy customer” dan cara mempertahankan review yang fantastis. Anda dapat menemukan jawabannya dalam 1 Day Seminar “HOW TO CREATE AND MANAGE A PERFECT CUSTOMER EXPERIENCE” di JS Luwansa Hotel Jakarta, 29 Maret 2016 yang diselenggarakan oleh Majalah Shift. Segera daftarkan diri Anda.

More information please visit www.opexcon.com or 021 576 3020

[cpm_adm id=”12044″ show_desc=”no” size=”medium” align=”none”]

Sumber : the-lmj.com