IMG_20150506_131914

Simulasi Business Process Improvement adalah salah satu pelatihan favorit yang banyak diikuti oleh peserta dari berbagai jenis perusahaan. Pelatihan yang diinisiasi oleh SSCX International ini memiliki konsep “permainan” dalam menyampaikan pemahaman mengenai operational excellence kepada seluruh peserta.

Salah satu peserta pelatihan kali ini adalah PT. Nobi Putra Angkasa. Perusahaan yang memproduksi komponen-komponen electrical, cabel system support dan LED ini bersama dengan SSCX menyelenggarakan pelatihan Business Process Improvement yang berlangsung pada Rabu (6/5/2015) lalu di Hotel Harris, Kelapa Gading.

Menurut Chief Executive Officer (CEO) PT. Nobi Putra Angkasa, Iman Adrianto yang juga menjadi salah satu peserta dalam pelatihan tersebut, perusahaan yang tahun ini menginjak usia 31 tahun tersebut memilih mengikuti pelatihan ini untuk membangun awareness dalam melakukan improvement.

“Tujuan kami mengikuti training ini karena memang kami ingin meningkatkan kerjasama tim dan membangun awareness untuk melakukan improvement,” tutur pria yang biasa disapa Adri tersebut.

Pelatihan yang diikuti oleh 20 orang yang kebanyakan berasal dari level manajemen ini, diakui Adri memang berbeda dari pelatihan lainnya yang pernah diikuti. “Pelatihan ini hampir seluruhnya menggunakan permainan dibandingkan teori.”

Begitupun yang diungkapkan Sarifudin, dari divisi Manajemen Representatif untuk Sistem Manajemen ISO dan Quality. Menurut Sarifudin, baru kali ini ia dan rekan-rekan di PT. Nobi yang mengikuti training tersebut mengikuti pelatihan dengan model simulasi. “Biasanya kita kalau training itu hanya duduk aja. Baru kali ini kita mengikuti training yang model simulasi seperti ini.”

Selain itu, Sarifudin juga menambahkan tantangan terberat adalah mengubah mindset. “Saya berharap setelah ini ada perbaikan yang bisa langsung diaplikasikan di PT. Nobi, terutama perubahan mindset. Di departemen saya (quality) orang berasumsi bahwa quality itu tanggung jawab departemen quality saja, padahal quality is everybody business (tanggung jawab semua orang). Nah, harapan saya mindset rekan-rekan bisa berubah.”

Senada dengan Sarifudin, Adji Pranoto Manajer Produksi PT. Nobi juga mengatakan bahwa mindset merupakan hal fundamental yang harus diperbaiki.

Baca juga  Strategi Pertamina Jaga Ketahanan Energi dan Kelestarian Lingkungan

“Tapi menurut saya practice yang sederhana ini membuka mindset. Tadi beberapa rekan mulai terbuka mindset-nya terhadap perubahan untuk sesuatu yang dilakukan selama ini. Dari practice yang simpel ini semuanya terlibat dan semuanya melihat secara keseluruhan prosesnya dari A sampai Z tadi, nah ini yang membuat gambaran besarnya jadi lebih efektif,” jelas Adji.

Meskipun kali ini pelatihan simulasi Business Process Improvement lebih banyak diikuti oleh level manajemen, menurut Adri pelatihan ini bagus diikuti oleh seluruh karyawan.

“Sebenarnya pelatihan ini bagus untuk diikuti oleh seluruh karyawan. Hanya saja karena keterbatasan jumlah peserta dan tentu saja budget, maka hanya diikuti top-down manajemen. Harapannya, dari manajer-manajer dapat memulai perubahan dan menularkannya ke tim-tim dibawahnya.”

Sehingga dengan mengikuti pelatihan ini, Adri berharap mereka bisa memulai perbaikan mulai dari hal-hal yang kecil. “Kami mengharapkan dimulainya perbaikan-perbaikan kecil di segala lini; utamanya improvement yang menaikkan produktivitas dan mencegah perlunya penambahan orang mengingat peningkatan gaji buruh yang signifikan,” tutup Adri.***RR

SSCX International menyediakan sesi pelatihan yang bisa diikuti dalam bentuk In-House maupun Public. Untuk informasi pelatihan lainnya yang disediakan SSCX, silahkan menghubungi (021) 576 3020 atau email info@sscx.asia.