Semakin target market familiar dengan brand Anda, tentu semakin tinggi kemungkinan kesuksesan penjualan yang Anda raih. Bahkan produk yang telah terkenal pun tetap harus melakukan campaign untuk meningkatkan brand awareness untuk mencapai hasil yang lebih baik lagi dan lagi.

Sebuah campaign brand awareness hendaknya fleksible dan menyesuaikan kebutuhan perusahaan. Brand awareness dilakukan setidaknya melalui mencapai tiga hal penting, yakni mencuri perhatian konsumen, mengangkat situs perusahaan, dan menambah nilai pada produk yang kita jual.

Brand awareness terjadi setelah serangkaian proses terpenuhi. Pertama, konsumen memiliki kebutuhan akan suatu produk. Sehingga ia akan mencari informasi tentang produk apa yang akan dibeli dan mengevaluasi alternatif produk yang akan dibelinya. Meskipun sering kali konsumen membeli produk tanpa menganalisanya dengan sungguh sungguh, misalkan saat ia haus dan ingin membeli minuman segar, ia akan membeli produk apapun yang menurutnya enak, namun pada saat itu pula ia akan memberi nilai pada produk tersebut, baik dari segi rasa, kecocokan dengan harga, dan penilaian pribadi lainnya.

Setelah membeli produk Anda, ia akan me-review produk yang dinikmatinya dan melakukan perubahan. Perubahan ini bisa dalam waktu yang segera, bisa pula dalam waktu lama. Misalnya, saat ia mengetahui rasa minuman tersebut tak seenak yang ia bayangkan, keesokan harinya ia akan beralih pada produk minuman lain. Pada kasus lain, saat konsumen produk sepeda motor merasakan ketidak puasannya terhadap sepeda motor yang ia beli, butuh waktu tiga atau empat tahun baginya untuk membeli motor dengan merk lain

  1. Bangun kesadaran pelanggan

    Targetkan pelanggan yang diinginkan. Dari situ, Anda bisa lebih mudah menilai apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kesadaran pelanggan. Misalnya, strategi brand awareness akan berfokus pada khalayak yang berbeda tergantung pada apakah produk itu mainan, produk mobil atau alat bantu jalan bagi mereka yang memiliki masalah mobilitas.

    Dalam setiap kasus, bisnis akan menggunakan berbagai campaign iklan untuk meningkatkan kesadaran pelanggan. Setiap bisnis perlu mengatasi tantangan tertentu sehingga pelanggan memahami manfaat bekerja sama dengan perusahaan tertentu.

  2. Promosikan situs

    Sebuah situs web membantu menciptakan basis pelanggan di seluruh dunia. Pelanggan tidak lagi terbatas untuk menikmati sebuah produk atau layanan hanya dari lokasi tertentu. Seorang pelanggan mungkin menilai produk Anda dan kemudian mencari tahu tentang produk tersebut lewat katalog yang ditampilkan dalam situs web Anda. Ia tentu tak perlu repot menelepon atau datang ke kantor Anda untuk mencari tahu tentang produk tersebut

    Anda dapat mempekerjakan seorang desainer grafis atau membentuk sebuah tim kreatif untuk membantu mendongkrak bisnis Anda dengan membuat tampilan situs yang sesuai dengan image brand Anda. Tim kreatif ini juga dapat mendisain kartu nama, materi marketing dan iklan produk Anda untuk semakin meningkatkan brand awareness. Konsistensi dalam desain seperti penggunaan template yang khas membantu pelanggan menghubungkan logo Anda dengan produk Anda.

  3. Tambahkan nilai
    Setiap pelanggan akan menentukan nilai dengan cara yang berbeda-beda. Nilai yang mereka berikan pada produk atau jasa Anda, akan memengaruhi brand awareness mereka terhadap produk Anda. Misalnya, Anda memberikan ratis satu bulan latihan di tempat fitnes milik Anda, tentu akan meningkatkan brand awareness tempat fitnes tersebut di mata para pelanggan, yang berujung pada peningkatan penjualan.

    Banyak nilai yang bisa ditambahakan pada produk atau layanan Anda, misalnya, kemasan makanan Anda lebih besar daripada kemasan makanan kompetitor, atau bengkel yang Anda buka berlokasi di tempat yang strategis dan lebih terjangkau dibandingkan bengkel lain. Apapun itu, Anda perlu menentukan nilai apa yang paling sesuai untuk ditambahkan pada produk Anda.

    Hal terakhir yang perlu Anda lakukan, beri waktu pada bisnis Anda untuk mengembangkan brand awareness-nya. Tentu saja proses peningkatan brand awareness tidak terjadi dalam semalam. Untuk dapat mengidentifikasi tingkat keberhasilan campaign brand awareness yang telah Anda lakukan, hargai dan catat kemajuan sekecil apa pun.

Artikel Terpilih di Inbox Anda
Ya, tim konsultan SSCX akan memilihkan artikel dan ide menarik untuk Anda!

Kami akan mengirimkan maksimal 1 email per minggu dan Anda dapat unsubscribe kapan saja. Dengan berlangganan, Anda diberikan 1 ide yang bisa mengubah proses dan produk Anda lebih baik lagi.