Teknologi mendorong perubahan, apa yang kita gunakan untuk membuat, membagikan, dan mengakses informasi pun terus berkembang.

Pada era digital sekarang ini kita cenderung mencari tahu tentang berita tebaru melalui situs web daripada surat kabar. Ini membuktikan bahwa inovasi dan gagasan baru yang berkembang di luar sana juga membantu membawa perubahan pada sektor media. Dikutip dari CNBC berikut adalah 5 transformasi penting yang dialami industri media :

Gutenberg’s printing press
Pada abad ke-15, Johannes Gutenberg seorang ahli emas dari Jerman mengembangkan proses pencetakan dengan jenis logam yang movable. Teknik ini merevolusi cara penyebarluasan informasi, memungkinkan publikasi diproduksi dalam skala besar dan cepat.

Apa yang dilakukan Gutenberg ini memiliki dampak budaya yang besar, terutama di Eropa. The Gutenberg Bible, misalnya, disebut oleh Perpustakaan Bodleian Universitas Oxford sebagai simbol “kemajuan besar yang dibuat dalam teknologi pencetakan pada abad ke-15.”

Newspaper
Surat kabar memainkan peran penting untuk membantu pembacanya agar mengetahui dan berbicara sesuai dengan kebenaran. Sirkulasi yang terus menurun dan munculnya beberapa kalangan yang memiliki keraguan terhadap media tradisional, menjadi tantangan berat bagi surat kabar. Cara mereka beradaptasi dengan lanskap media yang terus mengalami perubahan akan menjadi cerita yang menarik untuk diikuti.

Radio
Hari ini, orang – orang menggunakan radio untuk mendapatkan informasi tentang kejadian di dunia, mendengarkan musik, dan sebagai hiburan. Informasi ter-update yang disajikan setiap satu jam dan setengah jam, dikombinasikan dengan berbagai program yang membawakan berbagai topik, mulai dari olahraga, budaya, memasak, hingga komedi, membuktikan bahwa radio masih relevan hingga saat ini seperti tahun-tahun sebelum era streaming.

Internet dan world wide web
Dalam 20 tahun terakhir ini telah terjadi perubahan dramatis dalam industri media, para organisasi berpindah untuk menerbitkan berita tidak hanya versi cetak tetapi juga online. Orang tidak perlu lagi bergantung pada surat kabar fisik untuk berita mereka. Mereka dapat mengunjungi situs web dan dalam seketika mendapatkan informasi tentang perkembangan terbaru. Dalam kondisi seperti ini, sebuah surat kabar yang dicetak pada Senin malam bisa jadi berisi informasi yang kadaluarsa ketika dibaca pada Selasa pagi.

Smartphone
Mungkin 15 tahun lalu, gagasan untuk mendapatkan berita dari perangkat kecil dan ringan yang pas di dalam kantong akan terasa aneh (ponsel pintar – red). Namun sebagian besar dari kita, ponsel pintar menjadi hal pertama yang kita periksa di pagi hari dan hal terakhir yang kita periksa di malam hari. Entah itu melalui situs berita favorit atau media sosial kita, penyebaran informasi melalui perangkat ini telah merevolusi cara kita mengetahui tentang peristiwa besar.