Kaizen adalah sebuah konsep kesuksesan yang telah diketahui banyak orang dan perusahaan. Kata Kaizen berasal dari dua kata bahasa Jepang; “Kai” yang berarti perubahan, dan “Zen” berarti baik. Sehingga dasarnya, Kaizen berarti terus mengubah proses Anda menjadi lebih baik, sehingga hasil yang diinginkan terus meningkat.

Ada beberapa perusahaan terkenal yang ternyata menerapkan Kaizen dan berhasil mencapai hasil produksi yang jauh lebih baik:

1. Great Western Bank
Great Western Bank adalah bank asal Amerika Serikat yang telah berdiri selama beberapa dekade. Awalnya, dibutuhkan 34 langkah untuk membuka sebuah rekening giro di bank ini. Berkat Kaizen, langkah tersebut berhasil menjadi 24 langkah saja. Great Western menggunakan Kaizen untuk menganalisis prosesnya dan memberikan layanan yang lebih baik untuk pelanggan mereka. Mereka juga bisa mengerjakan proses internal, mengurangi jumlah uang yang mereka keluarkan untuk memesan perlengkapan kantor. Great Western telah menunjukkan bagaimana Kaizen dapat digunakan untuk memperbaiki proses internal maupun eksternal.

2. Ford Motor Company
Meskipun Toyota mungkin yang paling dikenal dalam menerapkan pendekatan Kaizen, ternyata Ford juga menggunakan filosofi ini. Pada tahun 2006, Alan Mulally mengambil alih posisi sebagai CEO Ford. Mulally sebelumnya adalah wakil presiden eksekutif di Boeing dan terbiasa dengan konsep di balik Kaizen. Di bawah bimbingan Mulally, Ford berfokus pada proses yang efisien dan dapat pulih dari masa-masa sulit selama resesi besar pada akhir tahun 2000an untuk membuat perusahaan kembali sukses; Pada tahun 2014, Ford mengumumkan bahwa mereka akan menciptakan lebih dari 5.000 pekerjaan di Amerika Serikat.
[cpm_adm id=”11945″ show_desc=”no” size=”medium” align=”left”]
3. Herman Miller
Herman Miller adalah perusahaan perabot kantor di Amerika yang paling dikenal karena memproduksi kursi Aeron, salah satu merk kursi kantor paling terkenal di seluruh dunia. Majalah Bisnis Fast Company melaporkan pada tahun 2012 bahwa Herman Miller telah mengadopsi Kaizen dan menikmati peningkatan produktivitas sebesar 500% dan peningkatan kualitas sebesar 1.000% sejak tahun 1998. Kursi Aeron mereka, yang awalnya memakan waktu 82 detik dalam produksinya, sekarang dapat diproduksi hanya dalam waktu 17 detik. Contoh Kaizen ini menunjukkan bagaimana prinsip-prinsip tersebut dapat diterapkan pada semua jenis produk, mulai dari mobil sampai kursi.

4. Lockheed Martin
Lockheed Martin adalah perusahaan teknologi kedirgantaraan yang terkenal melakukan sejumlah besar bisnis dengan pemerintah Amerika Serikat. Perusahaan ini juga dikenal sebagai pendukung Kaizen. Pada tahun 2010, saat mengembangkan sistem Joint Air-to-Ground Missile (JAGM), Lockheed Martin mengadakan beberapa acara Kaizen di pabrik-pabrik di Florida dan Alabama untuk membantu memperbaiki cara pembuatan JAGM. Penggunaan Kaizen dari Lockheed Martin menunjukkan bagaimana konsep tersebut dapat membantu bisnis meluncurkan produk atau layanan baru.

5. The Gujarat Government
Gujarat adalah salah satu negara bagian paling berpengaruh di negara India, yang memiliki demokrasi terbesar di dunia. Pada akhir 2012, Kaizen Institute of India melaporkan bahwa Departemen Pendidikan pemerintah Gujarat menugaskan dua minggu pelatihan Kaizen untuk lebih dari 80 karyawan, sebagai upaya untuk memperbaiki fungsionalitas sektor publiknya. Ini adalah contoh bagus bagaimana Kaizen dapat membantu organisasi pemerintah dan kota, tidak hanya perusahaan swasta.

Lima contoh dari organisasi yang sangat berbeda ini menunjukkan contoh bagaimana Kaizen dapat diterapkan dengan berbagai cara untuk perbaikan proses. Kapan giliran perusahaan Anda?