Analisis SWOT adalah model langsung yang menganalisis strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunity (peluang) dan threat (ancaman) organisasi untuk menciptakan fondasi strategi marketing. Untuk melakukannya, perlu diperhitungkan apa yang organisasi tidak dapat lakukan serta kondisi potensial, baik yang menguntungkan maupun yang tidak, mengenai produk atau layanan perusahaan.

Analisis SWOT  sering dipandang sebagai langkah kunci terkait dengan perencanaan, analisis SWOT sebenarnya sangat sederhana tapi nilai yang diberikannya sangat besar. Sistem ini menggabungkan informasi dari analisis lingkungan dan memisahkannya menjadi dua komponen: masalah internal (kekuatan dan kelemahan) dan masalah eksternal (peluang dan ancaman).

Tingkat analisis ini memungkinkan sebuah organisasi untuk menentukan apakah ada faktor-faktor yang akan membantu pencapaian tujuan spesifik (karena adanya kekuatan atau peluang yang ada)? Apakah ada juga hambatan yang harus diatasi sebelum hasil yang diinginkan dapat direalisasikan (karena ada kelemahan atau ancaman)?

Seperti disebutkan di atas, proses analisis SWOT mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang pasar dan ancaman potensial perusahaan Anda untuk memberikan wawasan persaingan mengenai isu-isu potensial dan kritis yang mempengaruhi keseluruhan kesuksesan bisnis.

Strength

Kategori ini merupakan atribut internal yang positif untuk organisasi Anda, yang berada dalam kendali Anda. Kekuatan sering kali mencakup sumber daya, keunggulan kompetitif, aspek positif dari mereka yang berada dalam angkatan kerja dan aspek yang terkait dengan bisnis Anda yang Anda lakukan dengan sangat baik, dengan berfokus pada semua komponen internal yang memberi nilai tambah atau memberi Anda keunggulan kompetitif.

Weakness

Faktor-faktor yang berada dalam kendali Anda belum mengurangi kemampuan Anda untuk mendapatkan atau mempertahankan keunggulan kompetitif seperti keahlian SDM yang terbatas, kurangnya sumber daya, akses terbatas pada keterampilan atau teknologi, layanan kurang lancar atau lokasi fisik yang buruk.

Kelemahan ini mengenkapsulasi aspek internal negatif pada bisnis Anda yang mengurangi nilai keseluruhan produk atau layanan Anda. Kategori ini bisa sangat membantu dalam memberikan penilaian organisasi, asalkan Anda berfokus pada identifikasi yang akurat atas kelemahan perusahaan Anda.

Opportunity

Peluang merupakan faktor eksternal agar bisnis Anda ada dan berkembang di pasar. Faktor-faktor ini mencakup peluang spesifik yang ada di pasar Anda yang memberi keuntungan, termasuk pertumbuhan pasar, perubahan gaya hidup, penyelesaian masalah saat ini, atau kemampuan dasar untuk menawarkan tingkat nilai yang lebih tinggi dalam kaitannya dengan pesaing Anda untuk mempromosikan peningkatan permintaan produk atau layanan.

Salah satu elemen yang harus diperhatikan adalah timing. Misalnya, apakah peluang Anda dapat terus berjalan atau ada peluang yang terbatas?

Threat

Ancaman merupakan faktor eksternal di luar kendali organisasi Anda yang berpotensi menempatkan strategi pemasaran Anda atau keseluruhan bisnis berisiko. Ancaman utama yang selalu hadir adalah persaingan. Ancaman lainnya dapat berupa kenaikan harga oleh pemasok, peraturan pemerintah, kemerosotan ekonomi, liputan pers negatif, pergeseran perilaku konsumen dan perkembangan teknologi yang membuat produk atau layanan Anda menjadi usang. Meskipun kekuatan ini bersifat eksternal dan oleh karena itu berada di luar kendali Anda, analisis SWOT dapat membantu terciptanya rencana kontinjensi yang akan memungkinkan Anda untuk menangani masalah ini dengan cepat dan efektif.

Mengubah Analisis SWOT menjadi Rencana Strategis

Setelah Anda menetapkan nilai spesifik yang terkait dengan penawaran bisnis Anda di dalam empat kuadran analisis SWOT, Anda dapat mengembangkan rencana strategis berdasarkan informasi yang telah Anda pelajari.

Misalnya, setelah Anda mengidentifikasi kekuatan inheren Anda, Anda dapat memanfaatkannya untuk mengejar peluang yang paling sesuai untuk organisasi Anda, sehingga secara efektif mengurangi potensi kerentanan yang terkait dengan ancaman. Dengan cara yang sama, dengan mengidentifikasi kelemahan organisasi Anda sehubungan dengan ancaman eksternal, Anda dapat merancang sebuah rencana yang akan memungkinkan Anda untuk menghilangkan atau meminimalkannya sambil memperbaiki strategi defensif yang berkaitan dengan penawaran Anda.

Penting untuk diingat bahwa analisis SWOT dapat dipengaruhi (dan seringkali cukup kuat) oleh mereka yang melakukan analisis. Jadi, ada baiknya Anda meminta konsultan bisnis luar meninjau hasilnya untuk memberikan rencana yang paling obyektif.