Hoshin Kanri menunjukkan jalan menuju kesuksesan.

Hoshin Kanri, dikenal juga dengan sebutan Hoshin Planning, Policy Deployment, atau Strategic Planning, adalah metode yang membantu organisasi untuk memusatkan fokus dan effort untuk melaksanakan inisiatif perbaikan dan mencapai hasil yang maksimal.

Dalam bahasa Jepang, Hoshin berarti “kompas” atau “petunjuk arah”, dan Kanri adalah “manajemen”. Dengan demikian, Hoshin Kanri adalah strategi yang membantu organisasi untuk memusatkan fokus kepada pencapaian target dan tujuan. Hoshin Kanri juga dapat dianggap sebagai metode perencanaan strategis yang dilakukan oleh para stakeholder di perusahaan, yang digabungkan dengan metode quality improvement.

Asal Mula Hoshin Kanri

Strategi Hoshin Kanri mulai populer di Jepang pada akhir dekade 1950-an berkat Profesor Kaoru Ishikawa yang menyatakan bahwa:

Setiap orang adalah ahli dalam bidangnya masing-masing, dan TQC (Total Quality Control) ala Jepang dirancang untuk memanfaatkan kekuatan dari pemikiran kolektif dari semua karyawan untuk membuat organisasi mereka menjadi yang terbaik di kelasnya”.

Pernyataan inilah yang menjadi dasar Hoshin Kanri.

Dalam bukunya yang berjudul What Is Total Quality Control?, Ishikawa menyatakan bahwa:

“Top dan middle manager harus berani untuk mendelegasikan otoritas kepada timnya. Itu adalah cara untuk menumbuhkan rasa hormat sebagai bagian dari filosofi manajemen anda, dimana semua orang terlibat didalamnya, mulai dari top down hingga bottom up, kehormatan akan terus terpelihara.”

Adaptasi konsep tersebut lalu dilakukan oleh banyak orang, seperti Dr. Yoji Akao (yang menggunakan Shewhart cycle (PDCA) untuk mencapai target, memilih control point (tolok ukur), dan menghubungkan aktifitas sehari-hari dengan strategi perusahaan.

Mengapa Harus Hoshin Kanri?

Hoshin Kanri akan membawa banyak keuntungan bagi organisasi anda dan karyawan-karyawannya. Inilah cara Hoshin dalam membantu perkembangan organisasi:

  • Menciptakan fokus kepada tujuan bersama perusahaan.
  • Mengkomunikasikan tujuan-tujuan tersebut kepada seluruh pimpinan.
  • Melibatkan seluruh pimpinan dalam menyusun perencanaan dalam mencapai tujuan.
  • Membantu dan memberikan tanggung jawab kepada karyawan untuk mencapai tujuan yang menjadi bagian mereka masing-masing (sebagai bagian dari strategi dan rencana perusahaan).
Baca juga  Transfer Knowledge: Kunci Keberhasilan Proses Improvement

Hoshin Kanri (strategic planning and deployment) telah menjadi elemen kunci dalam sistem penilaian dalam U.S. Malcolm Balridge National Quality Award dan European Foundation for Quality Management (EFQM) Award.