Operational Excellent Conference Award 2016 (OPEXCON16) sudah dekat. Perusahaan yang selama ini menjalankan project improvement untuk meningkatkan efisiensi telah mendaftarkan diri. Sampai saat ini tercatat 52 perusahaan yang mendaftarkan sekitar 83 project improvement untuk diseleksi dan dinilai oleh dewan juri OPEXCON16. Dewan Juri antara lain Ari Samadi ITB, Gembong Baskoro dari Swiss German University, Dion Dewa Barata dari Universitas Pembangunan Jaya.

Selasa 11 Oktober 2016 menjadi ajang penentu perusahaan-perusahaan terbaik di Indonesia yang selama ini konsisten menjalankan project improvement menggunakan metode Lean Six Sigma (LSS). Ajang bergengsi tahunan yang diadakan oleh Majalah Shift diikuti oleh tiga sektor industri yang selama ini konsisten menalankan perbaikan berkelanjutan diantaranya sektor industri manufaktur, pertambangan dan energi serta sektor service.

Majalah Shift Indonesia merupakan satu-satunya media masa di Indonesia yang menjadi referensi tentang perbaikan industri dan improvement perusahaan, operational excellence guide.

Pada 31 Agustus pendaftaran project competition OPEXCON16 dinyatakan ditutup, peserta dari sektor industri manufaktur sebanyak 28 perusahaan, mining & energy 8 perusahaan dan sektor service sebanyak 16 perusahaan. Perusahaan-perusahaan peserta OPEXCON16 sektor manufaktur mendaftarkan 45 project improvement, Mining & energy 12 project dan kategori service sebanyak 15 project.

Sejumlah perusahaan swasta dan BUMN turut menyemarakkan acara, menjadi peserta OPEXCON16 diantaranya PT Bank Mandiri Persero peserta kategori service, PT Freeport Indonesia kategori mining & service serta PT Bayer Indonesia kategori manufaktur. Masing-masing perusahaan mengirimkan project competition, berlomba mendapatkan penilaian terbaik dari dewan juri. Misalnya PT Bank Mandiri sebagai salah satu  BUMN selalu menjaga layanan prima dengan terus meningkatkan perbaikan-perbaikan proses bisnis.

[cpm_adm id=”11452″ show_desc=”no” size=”medium” align=”right”]

Begitupun PT Freeport Indonesia yang terus mengoptimalkan proses produksi menjaga mutu dan kualitas produk. OPEXCON16 bertema “Operational Excellence in Digital Era” juga diikuti oleh perusahaan yang telah mengadopsi teknologi digital dalam project improvement. PT Bayer Indonesia yang turut mendaftarkan perbaikan proses industri yang mulai mengadopsi teknologi digital.

Partisipasi perusahaan-perusahaan swasta dan BUMN sebagai peserta OPEXCON16 nampaknya menarik minat dan perhatian perusahaan yang selama ini belum pernah mengirimkan project improvement. Tercatat sekitar 20 orang dari dua perusahaan mendaftar sebagai audience event yang nantinya diselenggarakan di JW Marriot Hotel, Kuningan Jakarta. OPEXCON16 menjadi ajang serius dalam pencapaian prestasi improvement dan efisiensi perusahaan. Benefit menjadi audience dalam event bergengsi ini antaralain networking, benchmarking, sharing pengetahuan dan pengalaman dari pakar dan praktisi operational excellence. Sudahkah anda mendaftar? []