Tujuan akhir negosiasi adalah mendapatkan kesepakatan yang menguntungkan. Sehingga siapapun yang terlibat negosiasi perlu memiliki kemampuan dan teknik terbaik dalam mengeksekusinya.  Berikut beberapa langkah untuk bernegoisasi tanpa harus melewati proses yang alot.

  1. Siapkan kalimat pembuka yang cerdas dan menarik

Keahlian seseorang dalam bernegosiasi dimulai dari kemampuannya dalam membuka percakapan, yaitu bagaimana berbicara cerdas dalam waktu yang singkat. Ini akan menjadi kesan awal yang diterima lawan bicara dan sangat menentukan bagaimana diskusi akan berjalan. Anda harus bisa menggali sekaligus memberikan full insight kepada lawan diskusi Anda, bangun koneksi dan kepercayaan mereka kepada Anda. Selain itu, Anda juga harus memberikan dukungan atas apa yang mereka sampaikan.

  1. Lakukan secara profesional

Meskipun ada beberapa hal yang menghambat dan tidak Anda sukai ketika bernegosiasi, Anda harus tetap menunjukkan rasa hormat dan profesional. Anda tidak harus meninggikan volume suara untuk terlihat tegas. Profesionalitas Anda juga akan terlihat dari bagaimana Anda menciptakan personal relationship. Hubungan personal yang baik bisa mempertahankan kolaborasi untuk waktu yang lama.

  1. Tunjukkan antusias dan rasa penasaran

Ajukan beberapa pertanyaan agar Anda bisa benar-benar memahami mereka, jawaban dari mereka bisa membantu Anda melihat mereka dari perspektif yang lain dan menciptakan peluang untuk berkolaborasi

  1. Ciptakan solusi bersama

Lakukan pendekatan dalam negosiasi sebagaimana melakukan kolaborasi untuk menciptakan solusi bersama. Gunakan kata “kita” daripada “saya”, ini akan memberikan kean yang lebih baik. Meskipun Anda ingin mendapatkan apa yang Anda inginkan, jangan lupa untuk terus membangun hubungan dengan menghasilkan kesepakatan yang menguntungkan bagi kedua belah pihak.

 

Baca juga  Lambat Berinovasi, Sears Tersingkir dari Pasar