Namanya bisnis, tidak mengenal apakah berada di kota besar ataukah kota kecil. Sepanjang memberi keuntungan yang banyak, kota kecil pun tidak menjadi hambatan bagi para pengusaha untuk membuka bisnis.

Tinggal di sebuah kota dengan populasi kecil menghadirkan tantangan unik bagi pengusaha. Pasar lokal yang sempit menyebabkan margin untuk kesalahan lebih besar daripada di kota yang populasinya lebih tinggi. Tapi sebuah kota kecil menyajikan kesempatan besar untuk membentuk ikatan yang kuat dengan pelanggan. Perlu diketahui, bisnis apa yang cocok untuk kota tersebut?

Pilihan untuk Menjalankan Bisnis:

1. Memulai bisnis baru
Bukalah bisnis yang belum ada di kota tersebut. Yakinkan penduduk kota tentang bagaimana perusahaan Anda akan meningkatkan kehidupan mereka. Jika perusahaan Anda merupakan perusahaan yang pertama, kemungkinan ketertarikan warga kota pada perusahaan Anda menjadi lebih besar.

2. Mengambil alih bisnis yang ada
Adakalanya terdapat suatu saat yang tepat bagi pemilik perusahaan untuk berhenti berbisnis dan memberi kesempatan kepada yang lain untuk melanjutkan bisnis.

Keuntungan membeli perusahaan yang sudah ada adalah periode akuisisi pelanggan yang lebih pendek. Terlebih jika warga akrab dan nyaman dengan perusahaan tersebut.

3. Perkenalkan sebuah waralaba
Pilihan ini mungkin menemui hambatan dari warga yang melihat waralaba sebagai kematian sebuah kota kecil; Namun, waralaba bisa juga menghadirkan sesuatu yang familier yang bisa menarik pelanggan lokal.

Sebelum menentukan apakah sebuah bisnis baru sesuai ataukah tidak, ada beberapa jalan untuk diselidiki agar bisa menemukan kebutuhan yang ada. Pengusaha hendaknya melakukan penelitian sebelum mengenalkan bisnis baru ke pasar kecil.

Penelitian dapat dilakukan dengan bertanya kepada penduduk kota jenis usaha apa yang ingin mereka buka secara lokal. Perlu juga belajar dari kota lain yang serupa untuk mengetahui apa yang telah berhasil di tempat tersebut. Teknik penelitian lain adalah melihat perusahaan yang beroperasi di beberapa pasar kecil untuk melihat apakah jenis bisnis itu akan berjalan di kota Anda.

Setelah memilih bisnis yang Anda jalankan, kini saatnya mengidentifikasi untuk memuaskan kebutuhan pasar:

  • Melayani Pasar Lokal
    Peluang apa yang ada untuk melayani pasar lokal? Adakah produk atau layanan yang kurang memiliki bisnis lokal? Bisa jadi terdapat kesempatan untuk menjual produk buatan lokal atau produk global yang menunjukkan permintaan dari penduduk kota tersebut.
  • Melengkapi Area Bisnis
    Apakah ada penawaran yang sesuai dengan bisnis yang ada? Misalnya, jika sebuah kota memiliki potensi pertanian yang signifikan, tentunya ada kebutuhan akan toko yang menjual produk, peralatan, mesin dan berbagai kebutuhan lainnya mengenai pertanian serta tempat perbaikannya. Demikian juga dengan bidang perikanan, peternakan, perkebunan, dan sebagainya.
  • Menjual Produk Lokal di tempat lain
    Jika bisnis lokal menyediakan produk yang diinginkan, pertimbangkan untuk menjual produk tersebut ke pasar yang lebih besar adalah sebuah pilihan yang dapat dilakukan.
  • Pasar untuk Wisatawan
    Kota-kota tujuan wisata memberikan kesempatan untuk penjualan produk lokal atau hiburan setempat misalnya. Bisa juga ada kebutuhan untuk pemandu wisata atau layanan taksi.
  • Melayani Pemerintah Daerah
    Pemerintah Daerah, baik Pemerintah Kabupaten/Kota maupun Provinsi, memiliki banyak sekali kebutuhan yang perlu dibantu pengadaan barang dan jasanya oleh perusahaan, dari mulai jasa kebersihan, perbaikan komputer, perlengkapan kantor, dan sebagainya. Kita perlu mengetahui apa saja yang menjadi kebutuhan Pemerintah Daerah. Perlu juga mengetahui apa yang kurang dari Pemerintah Daerah untuk kita tawarkan bantuan dari perusahaan kita.
  • Memberikan Keahlian untuk Bisnis yang Ada
    Pemilik bisnis sering membutuhkan bantuan dengan akuntansi, pajak, kebersihan, dan layanan lainnya.
    Carilah kebutuhan yang sama dan jadilah ahli lokal. Akan ada peluang selama ada bisnis yang beroperasi.
    Buatlah penelitian mengenai kebutuhan dan peluang yang ada, setelah itu buatlah strategi dan perencanaan. Akhirnya, seperti bisnis lainnya, pengelolaan uang sangat penting untuk memastikan operasi akan berlanjut jika masa-masa sulit menimpa kota kecil.

Bagaimana? Berbisnis di kota kecil ternyata memiliki peluang yang besar juga, bukan? Selamat berbisnis!