Latar belakang project charter terdiri dari kasus bisnis pernyataan problem/ permasalahan, pernyataan tujuan, cakupan proses perbaikan, jadwal penyelesaian proyek, daftar keuntungan yang dinyatakan dalam unit keuangan, daftar aturan pelaksanaan dan tanggungjawab masing-masing anggotanya dan garis besar tujuan proyek.

Semua pernyataan di atas merupakan dasar pertimbangan untuk meneruskan proyek Six Sigma atau dibatalkan, bila keputusan manajemen adalah dilanjutkan maka kesepakatan antara manajemen dan tim proyek direalisasikan. Ini penting karena manajemen perlu memberikan dukungan kepada tim berupa anggaran dan alokasi sumber daya manusia yang dibutuhkan dalam pelaksanaan proyek.

Latar Belakang Kasus Bisnis
Maksud dari kasus bisnis adalah untuk memperoleh jawaban dari tim proyek Six Sigma mengenai biaya dan keuntungan dari proyek Six Sigma yang direncanakan. Pertanyaannya misalnya, Proses, fokus, kenapa memilih proyek tersebut, kenapa dilakukan sekarang, bila tak dilaksanakan apa akibatnya, dan seterusnya.

Pernyataan Problem/ Permasalahan
Maksud dari pernyataan problem/ permasalahan, kesempatan atau tujuan yang jelas dan ringkas serta patokan yang terukur. pernyataan problem/ permasalahan menjawab “dengan proyek SixSigma ini permasalahan apa pada perusahaan dapat diminimalisasi atau diilangkan?”

Pernyataan Tujuan
Pernyataan tujuan melukiskan tuuan perbaikan yang akan dilakukan tim proyek Six Sigma, pernyataan ini haruslah mulai dengan kata mengurangi, menghilangkan, mengendalikan atau meningkatkan.

Cakupan Proyek
Cakupan proyek ditulis dengan menjawab pertanyaan antaralain apa batasan proses, apa yang di luar batasan bila ada, sumberdaya apa yang tersedia untuk mendukung proyek ini siapa yang dapat mengesahkan pengeluaran proyek, dan seterusnya.

Jadwal Pelaksanaan
Tabel Gantt chrt digunakan untuk menjabarkan jadwal proyek dan hal-hal penting yang perlu diperatikan. Gantt chart memanfaatkan diagram batang untuk memetakan hubungan antara tugas dan waktu. Begitu daftar tugas untuk pelaksanaan proyek tercantum maka tanggungjawab pencapaian dari tiap-tiap tugas disertakan pada kolom berikutnya. Kemudian waktu dimulai dan selesainya tiap tugs digambarkan dalam bentuk diagram batang secara mendatar.

Keuntungan dan Biaya Proyek
Keuntungan dalam melaksanakan proyek Six Sigma terdiri dari dua unsur, yaitu unsur keuntungan lunak antaralain memperbaiki kualitas moral kerja dan waktu produksi. Sedangkan unsur keuntungan keras termasuk meningkatkan pendapatan atau mengurangi biaya. [] (sumber: “Panduan Pengerjaan Proyek Six Sigma”, Dr. Ir. Saludin, M.Kom)

Artikel Terpilih di Inbox Anda
Ya, tim konsultan SSCX akan memilihkan artikel dan ide menarik untuk Anda!

Kami akan mengirimkan maksimal 1 email per minggu dan Anda dapat unsubscribe kapan saja. Dengan berlangganan, Anda diberikan 1 ide yang bisa mengubah proses dan produk Anda lebih baik lagi.