Siemens AG (Berlin dan Munich), perusahaan provider teknologi global yang fokus di bidang elektrifikasi, otomasi dan digitalisasi memperkenalkan Mindsphere 3.0, pengembangan inovasi terbarunya di Hannover Messe 2018.

Siemens tidak pernah berhenti mendukung transformasi digital di dunia industri dengan menyediakan berbagai solusi digital enterprise. Klaus Helmrich, anggota Dewan Pelaksana Siemens AG dalam konferensi pers yang digelar di Hannover Messe (23 April 2018) mengatakan bahwa dengan menerapkan solusi digital enterprise, pengguna dan pelanggan dapat memanfaatkan potensi penuh industri 4.0. Menurutnya, dengan digital enterprise yang mereka tawarkan, pelanggan mereka mampu menciptakan fleksibilitas yang lebih besar, efisiensi yang lebih tinggi, kualitas yang lebih baik serta melakukan pengiriman ke pasar dengan lebih cepat. Dengan demikian, pelanggan telah membuktikan manfaat dan nilai tambah dari Siemens Digital Enterprise.

Melalui gelaran Hannover Messe, pameran teknologi utama dari semua bidang industri ini Siemens memanfaatkan MindSphere Lounge di booth mereka (D35 di aula 9) untuk mengenalkan perkembangan dan aplikasi terbaru Mindsphere 3.0. MindSphere merupakan sistem operasi IoT terbuka yang berbasis cloud. Selain itu, mereka juga menantang pengembang dan startup eksternal untuk berkolaborasi secara terbuka menciptakan solusi pelanggan dan model bisnis baru berdasarkan MindSphere.

Dengan moto “Digital Enterprise – Implement Now”, Anda dapat melihat banyak contoh spesifik yang menunjukkan bagaimana perangkat keras dan perangkat lunak dapat terintegrasi dengan baik di seluruh value chain. Bagi perusahaan, ini berarti produksi menjadi lebih cepat, lebih fleksibel, lebih efisien, lebih baik, dan lebih aman. Dan bagi konsumen, itu berarti keinginan mereka dapat dipenuhi dengan cara yang terjangkau, cepat, dan lebih fleksibel daripada sebelumnya. Menariknya, jika Anda tidak berkesempatan mengunjungi booth Siemens, Anda tetap bisa melihat apa saja yang berada disana dengan memanfaatkan virtual booth experience dari Siemens. Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu membuka website resmi Siemens (www.siemens.com) melalui desktop kemudian klik company, untuk navigasi Anda dapat menggunakan mouse (untuk berbalik) dan tombol panah (atas, bawah, kiri, kanan).

Digitalisasi di ranah industri merupakan ajang dimana teknologi digital kini mampu menciptakan peluang perubahan yang signifikan bagi bisnis. Pelanggan akan mendapatkan keuntungan dari pengalaman yang luas dalam proses industri di seluruh value chain, termasuk desain dan rekayasa produk, hingga pelaksanaan produksinya. Solusi-solusi terbaru ini diharapkan mampu membawa dampak perubahan yang besar bagi sektor industri di masa-masa mendatang.