Jakarta, 20 November 2017- SHIFT Indonesia – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melalui Program Bakti BCA kembali berpartisipasi mendukung kualitas Pendidikan Anak Usia Dini yang Holistik dan Integratif (PAUD HI) di Papua dengan memberikan donasi kepada United Nations International Children’s Emergency Fund (UNICEF).

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja menyerahkan secara simbolis donasi senilai Rp850 juta ini kepada Deputy Representative UNICEF, Lauren Rumble.

Dalam sambutannya Jahja mengungkapkan bahwa anak-anak membutuhkan pendidikan dan kasih sayang, namun yang tidak kalah penting adalah lingkungan yang nyaman untuk mereka. “Bagaimana anak-anak bisa belajar, bagaimana mereka bisa feel home kalau tidak ada lingkungan yang baik. Sebab itu tugas kita untuk menciptakan lingkungan yang ada kasih sayang dan juga berkecukupan”, terangnya. 

Data UNICEF menyebutkan sejumlah faktor yang menghambat akses penghidupan yang layak bagi anak-anak. Sekitar 13% anak-anak Indonesia tumbuh besar dalam keluarga yang hidup di bawah garis kemiskinan nasional, 37% anak-anak Indonesia saat ini mengalami hambatan pertumbuhan salah satunya karena malnutrisi, 21% anak-anak berusia 13-17 tahun di Indonesia melaporkan bahwa mereka mengalami intimidasi di sekolah, dan 30% anak-anak Indonesia juga tidak memiliki kesempatan untuk memperoleh pendidikan anak usia dini. Kondisi inilah yang mendorong keterlibatan aktif BCA dalam program PAUD HI yang diselenggarakan UNICEF.

Donasi ini diberikan untuk memperingati Hari Anak Sedunia yang jatuh pada tanggal 20 November. Selama 17 tahun BCA telah menjadi partner UNICEF Indonesia. Program PAUD HI kali ini merupakan program lanjutan yang sebelumnya sudah dijalankan di Kabupaten Sorong dan Raja Ampat.  Harapannya donasi tersebut dapat membantu anak mendapatkan akses layanan PAUD HI, orang tua atau pengasuh memperoleh pengetahuan yang menyeluruh mengenai pengembangan anak usia dini yang holistik integratif dan dapat mengaplikasikan pengetahuan tersebut pada pola pengasuhan anak sehari-hari, selain itu untuk mendukung relawan kesehatan masyarakat, guru PAUD dan pegawai pemerintahan dari berbagai sektor dinas mendapatkan pelatihan mengenai PAUD HI.