Di tengah kesibukan dan aktivitas yang padat, tidur adalah aktivitas yang sering diremehkan dan tidak dianggap penting. Padahal tubuh kita mengalami kerugian besar jika kita tak mendapat cukup tidur.

Jika selama ini Anda berpikir manfaat tidur hanyalah untuk sekedar mengistirahatkan tubuh dan pikiran, Anda salah. Lebih jauh dari itu, ibarat Lean dan Six Sigma pada sebuah perusahaan, tidur merupakan proses perbaikan pada seluruh organ tubuh manusia.

Inilah beberapa hal istimewa yang terjadi pada tubuh, saat Anda terlelap dalam tidur yang berkualitas:

1. Sistem hormon berpindah pada tahap anabolik, yaitu konversi energi untuk perbaikan

Pada tahap ini tingkat hormon adrenalin dan kortikosteroid turun dan tubuh mulai memproduksi hormon pertumbuhan yang dikenal dengan nama HGH. HGH mendorong pertumbuhan, pemeliharaan dan perbaikan otot dan tulang dengan memfasilitasi penggunaan asam amino.

2. Peningkatan produksi sistem kekebalan tubuh

Meningkatnya produksi sistem kekebalan tubuh dan protein tertentu selama Anda tidur yang dapat memerangi penyakit. Bahkan, pembunuh kanker yang dikenal dengan tumour necrosis factor juga dipompa melalui pembuluh darah saat tidur. Inilah yang mengapa tidur yang cukup dapat membantu melawan infeksi.

3. Regenerasi sel kulit

Tidur juga menjadi momen bagi tubuh untuk memproduksi kolagen, senyawa protein yang memengaruhi elastisitas kulit serta mencegahnya dari kekusaman. Inilah sebabnya, tidur cukup termasuk tips perawatan wajah kusam yang perlu dipraktikkan.nilah jika seseorang kurang tidur, akan mempengaruhi penampilannya.

4. Aliran darah lebih rileks

Pada saat Anda tidur, denyut jantung turun menjadi lebih pelan. Darah mengalir dari otak dan melemaskan arteri. Sel-sel dan jaringan yang memecah untuk menghasilkan limbah beracun juga menjadi kurang aktif saat tidur. Hal ini memberikan kesempatan untuk jaringan yang rusak untuk dibangun kembali.

5. Memperkuat memori

Pikiran Anda sangat sibuk menerima informasi selama Anda terjaga. Karena itulah, saat tidur otak akan memanfaatkannya dengan memproses segala informasi yang Anda terima saat terjaga. Karena itulah, penelitian menyebutkan bahwa jika kita mencoba untuk mempelajari sesuatu, maka hasilnya akan kelihatan lebih baik setelah kita tidur.

Mengetahui fakta-fakta tersebut, rugi rasanya jika kita kekurangan durasi tidur yang dianjurkan, yakni 7-8 jam per hari. Ingat, tidur yang sehat tidak hanya harus cukup tetapi juga berkualitas. Tidur cukup, tubuh dan pikiran sehat, produktivitas pun maksimal. Nah, bagaimana kualitas tidur Anda selama ini?