Banyak orang percaya kejadian di pagi hari akan menentukan kinerja seseorang dalam seharian atau dengan kata lain keadaan yang kita alami di pagi hari adalah moment krusial yang akan menentukan nasib kita hari ini. Sebab itu, kita harus melakukan persiapan yang baik di pagi hari untuk memulai hari yang produktif. Ada banyak cara yang bisa kita ikuti ya leaders, diantaranya dengan melakukan  empat aktivitas di bawah ini. Aktivitas ini juga sudah menjadi rutinitas banyak orang sukses ya, leaders!

Memeriksa hasil. Setiap pagi usahakan untuk memeriksa hasil pekerjaan hari sebelumnya (kemarin-red). Jika Anda kesulitan atau membutuhkan waktu untuk menemukan data kinerja hari sebelumnya maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah segera memperbaiki sistem yang ada, ambil beberapa tindakan untuk memungkinkan hasil pekerjaan dapat tersaji ketika dibutuhkan.

Membuat rencana kerja dan penugasan. Sebagai leader, Anda sangat disarankan melakukan gemba di area kerja pada pagi hari. Hal ini akan membantu Anda lebih memahami kondisi terakhir hasil pekerjaan. Dari hasil gemba tersebut, selanjutnya Anda harus membuat rencana kerja untuk hari itu dan kepada siapa hal tersebut ditugaskan.

Komunikasikan ke tim. Setelah semua rencana kerja dan penugasan selesai dibuat, selanjutnya komunikasikan dengan baik kepada tim. Komunikasikan hasil tersebut di meeting pagi. Ada kalanya para leader menggagap sepele masalah komunikasi di meeting pagi. Mereka berasumsi semua anggota tim sudah paham dan tidak perlu diberitahu lagi tentang apa yang harus dilakukan. Karena rencana kerja yang tidak dikomunikasikan dengan baik inilah para leader mendapatkan hasil pekerjaan yang tidak sesuai dengan harapan.

Eksakalasi ke otoritas yang lebih tinggi. Bisa saja masalah kerja yang kita hadapi berada di luar otoritas atau wewenang kita. Ketika mengalami situasi ini, maka bawa hal tersebut ke level yang lebih tinggi untuk dimintakan penyelesaiannya.

Baca juga  Prinsip Utama Saat Menggunakan Konsultan Lean

Jika Anda melakukan empat hal di atas setiap pagi, kemungkinan adanya simpangan antara target dan aktual pencapaian kerja akan secara cepat terdeteksi dan terselesaikan. Dan pada akhirnya, target kerja yang telah ditentukan dapat terpenuhi.