green production belden

Inisiatif yang disebut green production ini dilakukan Belden dengan bantuan Lean. Green production dilakukan melalui tiga aspek, yaitu Kemasan, Transportasi dan Pemasok.

Pada aspek Kemasan, Belden selalu menggunakan kayu tak berkulit yang telah dipanaskan. Kotak-kotak kemasan selalu diisi dengan karton yang dapat didaur ulang alih-alih plastik. Mereka juga memperkenalkan material pembungkus yang bisa direnggangkan hingga 300% (sebelumnya hanya 100%) untuk mendorong penghematan material. Untuk tujuan yang sama, pesanan dari satu pelanggan dibungkus dalam satu kemasan jika memungkinkan.

Dari aspek Transportasi, inisiatif green production dilakukan dengan cara menukar truk-truk lama dengan truk pengangkut yang memenuhi Euro standard 5 (standar emisi Eropa). Semua truk pengangkut juga memberikan laporan rutin mengenai emisi.

Belden berusaha untuk selalu memegang kendali atas semua aspek dalam proses produksinya, termasuk para Pemasoknya. Mereka mendorong para pemasok untuk melakukan inisiatif keberlangsungan dalam value chain, dan mencari solusi yang ramah lingkungan. Pemasok bahan baku mentah dan produk jadi didorong untuk mendapatkan sertifikasi ISO14001.

Memperkuat Landasan Budaya untuk Improvement

Insiatif Lean yang dipadukan dengan green production telah meningkatkan kemampuan hemat energi Belden. Saat ini memang inisiatif Lean baru berusia dua tahun di perusahaan manufaktur kabel dan serat jaringan tersebut, namun mereka memiliki visi untuk menjadi perusahaan Lean terbaik di dunia. Untuk mewujudkannya, Belden menyadari bahwa mereka harus memiliki landasan budaya yang kuat.

Landasan budaya di Belden memiliki empat kaki. Setiap kakinya mewakili satu aspek, diantaranya aspek Teknik (Engineering), Keuangan (Finance), Manajemen Sumber Daya Manusia (Talent Management), dan M&A (Merger & Acquisition). Simak penjabarannya:

  • Aspek Teknik: kemampuan menjalin hubungan antar industri, Lean New Product Development dan Lean Daily Management untuk menangani dan mengefisienkan proses.
  • Aspek Finansial: Perbaikan di proses-proses transaksional di perusahaan.
  • Aspek Sumber Daya Manusia: program pengembangan bakat dan kemampuan, Advanced Lean Leadership, yang akan memberikan skill set untuk mengejar hasil yang diinginkan.
  • Aspek M&A: tool Lean Enterprise yang dapat diterapkan dan diulang di area lain.
Baca juga  LSS Plantation: Strategi Jitu Tingkatkan Produktivitas Perkebunan

Bagaimana Belden menjalankan Lean Manufacturing? Simak di artikel ini.***

Gambar hanya ilustrasi.