Lean management berpotensi memberi kesuksesan jangka panjang untuk bisnis. Kenapa? Karena model bisnis yang efisien akan memberi fleksibilitas dan profitabilitas bagi perusahaan.

Excellent people, tujuan akhir lean adalah efisiensi, namun untuk mencapainya ada berbagai macam aspek yang harus diperhatikan. Mengutip arca.com, Laporan PwC menyebutkan konsep lean harus diperluas di banyak area, termasuk: 

Pelanggan

Mengenal pelanggan adalah langkah utama lean, jika Anda mampu mengidentifikasi karakteristik pelanggan dengan baik maka Anda akan mudah mengidentifikasi pemborosan yang tidak perlu (non value added). 

Kinerja

Apakah Anda memiliki sistem yang mampu mengidentifikasi masalah?Jika belum, buat sekarang juga, hal ini dapat memudahkan Anda dalam melaukan identifikasi masalah, melakukan pemecahan masalah, dan meningkatkan akuntabilitas. Nilailah kinerja bisnis dan karyawan Anda. Sudah pasti organisasi yang memiliki sistem dan karyawan dengan kinerja terbaik akan lebih efisien dan ramping. 

Kompetensi  

Karyawan harus dilibatkan dalam manajemen lean, berikan pelatihan kepada semua sumber daya yang terlibat sehingga mereka bisa memberikan nilai pada pelanggan. 

Demi kesehatan, kita semua berusaha menghilangkan lemak di tubuh kita. Hal yang sama juga berlaku bagi organisasi Anda, menjadi lean adalah sebuah mandatori untuk bisa berumur panjang. Menerapkan lean adalah sebuah proses, dan perjalana lean tidak seperti lomba lari cepat melainkan lebih seperti lari marathon. Selain kesiapan, daya tahan dan strategi dibutuhkan untuk sampai di garis finish. Jika ingin menang, hal yang pasti adalah Anda harus menguasai permainannya.

Salam improvement!

Baca juga  Gagal Menjadi Leader? Cara Ini Bisa Membantu Anda Memperbaikinya