Asyik membangun bisnis dan mengembangkan strategi perusahaan untuk meraih keuntungan, jangan sampai lupa untuk memperhatikan berbagai aspek eksternal yang secara langsung atau tak langsung berdampak pada internal perusahaan Anda. Beberapa aspek di luar bisnis Anda bisa mempengaruhi penjualan, keuntungan, dan strategi bisnis Anda. Namun pemimpin yang cerdas tahu bagaimana memanfaatkan elemen-elemen ini saat mengembangkan atau mengubah rencana bisnis dan mereka.
Apa sajakah elemen-elemen tersebut?

1. Masyarakat
Lingkungan sosial adalah satu dari lima aspek dasar lingkungan bisnis. Bisnis tidak hanya harus memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen, tetapi juga harus menyadari isu-isu tertentu yang mempengaruhi masyarakat, karena konsumen merespons baik perusahaan yang berkontribusi atau memberikan kembali kepada masyarakat mereka.

2. Teknologi
Seperti yang kita ketahui, teknologi tak pernah berhenti berkembang. Produk seperti ponsel dan laptop terus ditingkatkan dengan perangkat lunak dan fitur terbaru. Perusahaan perlu mengetahui kapan kemajuan teknologi ini akan datang dan terus diperbaharui serta salah satu caranya adalah dengan tetap menjaga apa yang konsumen inginkan melalui riset pemasaran.
[cpm_adm id=”11945″ show_desc=”no” size=”medium” align=”left”]

3. Ekonomi
Perekonomian dapat memiliki pengaruh besar pada perusahaan. Orang cenderung memiliki lebih banyak pendapatan saat ekonomi meningkat. Sementara saat ekonomi sedang lesu, banyak orang kehilangan pendapatan membuat pasar cenderung lebih konservatif, sehingga aktivitas pembelian menurun. Beberapa perusahaan mungkin mempertimbangkan untuk menurunkan harga untuk tetap memacu penjualan. Namun pemimpin yang bijak tetap harus mempertimbangkan untuk mempertahankan kualitas.

4. Kebijakan peraturan
Peraturan dari pemerintah juga kerap mengalami perubahan. Termasuk mandat mengenai informasi apa yang harus dimasukkan ke dalam produk kemasan makanan, bagaimana perusahaan dapat mengiklankan produk seperti tembakau, hingga standar keselamatan tertentu untuk pegawai ritel atau pekerja. Apapun masalahnya, perusahaan harus mematuhi peraturan ini dan mengembangkan strategi pemasaran di sekitar mereka.

5. Politik
Elemen lingkungan yang tak kalah penting adalah situasi politik. Perusahaan beroperasi di masyarakat yang lebih global saat ini, dan peristiwa seperti embargo dagang dari luar negeri dapat menghambat penjualan di luar negeri. Beberapa negara mungkin juga memiliki sumber daya utama seperti minyak misalnya. Gangguan atau konflik dalam politik antar negara bisa berdampak drastis terhadap harga barang, dan memaksa konsumen membayar lebih mahal untuk barang tertentu.